MODEL PEMBELAJARAN HAFALAN JUZ 30 PADA SISWA MI AL-JIHAD KARANGGEBANG JETIS PONOROGO TAHUN 2017/2018

MU’AWANAH, SITI TISNGATUL (2017) MODEL PEMBELAJARAN HAFALAN JUZ 30 PADA SISWA MI AL-JIHAD KARANGGEBANG JETIS PONOROGO TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I new revisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB II new revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III new revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV new revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB V new revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA new revisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (332kB) | Preview
Official URL: https:/eprints.umpo.ac.id

Abstract

Siti Tisngatul Mu’awanah (13111789). Model Pembelajaran Hafalan Juz 30 Pada Siswa Di MI Al-Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo Tahun 2017/2018. Skripsi: 13111789 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2017. ________________________________________ Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an adalah suatu proses belajar mengajar kitab suci yang terakhir diturunkan Allah Swt. Hafalan Al-Qur’an merupakan suatu aktivitas menanamkan suatu materi ayat di dalam ingatan. Setiap madrasah penyelesaian pendidikan tahfidz memiliki metode berbeda-beda, misalnya di MI Al-jihad adapun yang menurut peneliti cukup unik yaitu Target hafalannya sesuai dengan kurikulum, Setoran hafalannya menggunakan setoran muraja’ah serta menggunakan metode Iqra’. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui model pembelajaran hafalan juz 30 pada siswa MI Al-Jihad Karang Gebang Jetis Ponorogo tahun 2017/2018. (2) Untuk mengetahui hasil pembelajaran hafalan juz 30 pada siswa MI Karang Gebang Jetis Ponorogo tahun 2017/2018. Obyek Penelitian ini adalah: seluruh komponen yang ada di MI Al-Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo. Jenis pendekatan yang digunakan study kasus. Teknik Pengumpulan data melalui Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Data yang terkumpul terkait Model Pembelajaran Hafalan Juz 30, dianalisis sesuai kualitatif. Hasil Penelitian disimpulkan (1) Persiapan untuk melakukan hafalan juz 30 di MI Al-Jihad Karanggebang, Jetis, Ponorogo menggunakan metode Iqra’ dengan sistem Muraja’ah. Pelaksanaan hafalan Juz 30 menggunakan setoran muraja’ah kepada guru pembimbing setelah hafalan bersama-sama. Evaluasi hafalan juz 30 di MI Al-Jihad Karanggebang, Jetis, Ponorogo hafalannya terjaga, lancar, dan benar dalam segi muraja’ah dan tajwidnya. (2) Dari hasil pembelajaran model hafalan juz 30 di MI Al-Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo sesuai dengan tujuan pembelajaran hafalan tersebut, yaitu yang berhasil 70% anak berpredikat baik dan lancar. Adapun sisanya 30% anak belum lancar dalam hafalan. Dengan berpijak data di atas peneliti menyarankan Model Pembelajaran hafalan di MI Al-Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo diharapkan dapat di tingkatkan secara optimal yaitu dalam menerapkan hafalannya sesuai dengan target yang telah ditentukan serta berusaha dengan sungguh-sungguh untuk menjaga hafalannya serta selalu melakukan muraja’ah. Bagi orang tua diharapkan menerapkan pola asuh dalam mengarahkan dan mendidik anaknya. Orang tua juga harus selalu memperhatikan anaknya dalam setiap perkembangan serta orang tua harus menjadi cerminan utama dalam anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:22
Last Modified: 27 Sep 2017 03:22
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3500

Actions (login required)

View Item View Item