PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI UNTUK SMA KELAS XI

PUJIASTUTI, DWI (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI UNTUK SMA KELAS XI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan model penemuan terbimbing pada materi transformasi geometri. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Produk yang dikembangkan diujicoba dengan desain eksperimen pretest-posttest. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 2 Ponorogo. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi RPP dan LKS, angket respon siswa dan guru, dan tes hasil belajar. Kevalidan produk dapat dilihat dari hasil validasi yang menunjukkan presentase kevalidan RPP 83,5% dan presentase kevalidan LKS 85,2%. Kualitas kepraktisan produk dapat dilihar dari angket respon guru dan peserta didik. Kepraktisan RPP dapat dilihat dari angket respon guru dengan hasil presentasenya adalah 70% dan kepraktisan LKS dapat dilihat dari angket response peserta didik dengan presentase 62,7%. Keefektifan produk dapat dilihat dari hasil belajar yang meningkat dari pretest ke posttest. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, geogebra, penemuan terbimbing, transformasi geometri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 05 Oct 2017 03:57
Last Modified: 05 Oct 2017 03:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3574

Actions (login required)

View Item View Item