RAHMAN ABADY, FENDA (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA MODUL PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Image
halaman pengesahan..jpg Download (940kB) | Preview |
|
|
Image
halaman persetujuan.jpg Download (506kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Abady, Fenda Rahman. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Pembelajaran Siswa pada Materi Segitiga dan Segi Empat untuk Siswa Kelas Vii Smp. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : Drs. H. Sumaji, M.Pd Kata Kunci : Bahan Ajar, Modul Pembelajaran Siswa, Segitiga dan Segi Empat Bahan ajar yang ada di SMP N 1 Ngebel masih sangat terbatas. Hal ini dapat dilihat dari buku paket siswa yang merupakan pinjaman dari perpustakaan dari diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 sampai sekarang belum ada perubahan, dan buku pegangan siswa atau modul pembelajaran siswa kurang menarik yang menyebabkan siswa menjadi kurang tertarik pada pelajaran, kemudian timbulnya kejenuhan, rasa bosan, bersikap pasif terhadap pelajaran dan kemungkinan terburuknya adalah siswa sudah tidak mau belajar matematika atau benci dengan mata pelajaran matematika. Salah satu materi yang diajarkan untuk siswa kelas VII semester 2 adalah segitiga dan segi empat. Dari permasalahan tersebut diperlukan bahan ajar yang dirasa mampu memacu keaktifan siswa. Melalui modul diharapkan para siswa menjadi lebih mudah dalam menyimpulkan dan memahami suatu materi yang diberikan dan bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk dikembangkan modul pembelajaran yang didalamnya memuat suplemen siswa ditujukan untuk mempermudah memahami pembelajaran sesuai kurikulum 2013 pada materi segitiga dan segi empat. Diharapkan dengan pengembangan modul pembelajaran siswa, akan terjadi proses dimana siswa dapat dengan mudah mengaplikasikan materi segitiga dan segi empat dalam kehidupan sehari-hari, dan siswa diberikan kesempatan untuk mengkonstruksikan dan memproduksi sendiri konsep, algoritma, aturan dan yang lainnya maka pembelajaran tersebut akan lebih bermakna untuk siswa bukan hanya sekedar pengalihan ilmu dari guru ke siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Bahan ajar matematika berupa modul pembelajaran siswa materi segitiga dan segi empat untuk siswa SMP kelas VIII semester 2 memiliki kualitas yang baik dilihat dari kriteria validitas dengan prosentase 94,89%, (2) Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan bahan ajar berupa modul pembelajaran siswa tergolong dalam kriteria baik berdasarkan data hasil analisis angket respon siswa dengan persentase mencapai lebih daari 80% yaitu 93,14% . Saran yang dapat diajukan yang mau mengadakan penelitian adalah modul pembelajaran siswa perlu dikembangkan dalam ujicoba yang lebih besar, agar dihasilkan hasil penelitian yang lebih baik, materi modul tidak hanya terbatas pada segitiga dan segi empat, guru hendaknya selalu berkreasi untuk membuat modul pembelajaran siswa dan menggunakanya dalam proses pembelajaran, dan bagi pembaca yang tertarik dengan penelitian ini dapat mengembangkan modul pembelajaran siswa yang lebih baik dari sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 22 Apr 2014 01:47 |
Last Modified: | 22 Apr 2014 01:47 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/376 |
Actions (login required)
View Item |