PERAN ORANGTUA ASUH DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL PADA ANAK DIDIK DI PANTI ASUHAN SULAIMAN DAHLAN JENANGAN PONOROGO

MUNA, LAILI NAILUL (2018) PERAN ORANGTUA ASUH DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL PADA ANAK DIDIK DI PANTI ASUHAN SULAIMAN DAHLAN JENANGAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
A HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
Lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada pembinaan kecerdasan spiritual anak didik di panti asuhan sulaiman dahlan. Kecerdasan spiritual dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya dari bagaimana pendidikan atau pengajaran yang dilakukan oleh orangtua, (dalam pembahasan skripsi ini adalah orangtua asuh). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Upaya yang dilakukan orangtua asuh dalam membina kecerdasan spiritual anak didik di panti asuhan sulaiman dahlan. 2) Hasil yang dicapai orantua asuh dalam membina kecerdasan spiritual anak didik panti asuhan sulaiman dahlan. 3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam usaha membina kecerdasan spiritual anak didik di panti asuhan sulaiman dahlan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif (qualitatif research). Subyek penelitian ini adalah ketua panti, orangtua asuh, beberapa alumni, dan beberapa santri. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentukpembinaankecerdasan spiritual diantaranya:mengadakankunjungansetiapharidanbimbingankonselingsetiapsaat, mendatangkan guru yang sudahberpengalamandalambidangnya, danmengikutsertakananak-anakdidikdalamlomba-lombadiluarpanti yang mampumengembangkanpotensidanbakatanak-anak, selainitumerekajugamemfasilitasianakdidikuntukmengembangkanpotensisesuaidenganbakatmasing-masing. 2) Peran orang tua asuh mencangkupbantuanmorildanmateril. Morilnyadenganmengadakankunjungansetiapharidankonselingsetiapsaat, sehinggaorangtuaasuhmengertiapa yang sedangdirasakandandialamianak-anakdidiknya. Sedangmaterilnyadenganmenyediakanfasilitas-fasilitas yang mampumendukungpembinaankecerdasan spiritual.3) Faktor pendukungnya yaitu fasilitas yang memadai dan adanya kesempatan sekaligus dukungan untuk semakin mengembangkan kecerdasannya dan faktor penghambat kecerdasan spiritual anak didik di panti asuhan sulaiman dahlan, motivasi dari diri sendiri, peran lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolahnya. Kata kunci : Peran orangtua, Kecerdasan spiritual, Pantiasuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 18 Apr 2018 07:19
Last Modified: 18 Apr 2018 07:19
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3837

Actions (login required)

View Item View Item