UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM KEPADA MAHASISWA BERBASIS KEGIATAN PESANTREN (Study Kasus di Pesantren Mahasiswa Al-Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

MAHMUDIN, MAHMUDIN (2018) UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM KEPADA MAHASISWA BERBASIS KEGIATAN PESANTREN (Study Kasus di Pesantren Mahasiswa Al-Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Mahasiswa sebagai salah satu bagian dari masyarakat tentu sangat diharapkan untuk menjadi agen perubahan. Secara tidak langsung masyarakat akan menilai bahwa mahasiswa bisa melakukan apapun dengan segala kelebihanya. Mahasiswa pada zaman sekarang lebih cenderung mengabaikan penilaian tersebut, sehingga mahasiswa bebas melakukan apapun. Pesantren Mahasiswa Al-Manar hadir menjadi solusi yaitu dalam Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Kepada Mahasiswa Berbasis Kegiatan Pesantren. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tahap wawancara, observasi dan dokumentasi dengan cara menganalisis secara deskriptif. Untuk mencapai hasil yang diharapkan dalam proses internalisasi membutuhkan beberapa tahapan. Pertama, tahap pemahaman, pada tahap ini santri diberi pemahaman dengan teori tentang nilai-nilai pendidikan Islam. Kedua, tahap pemaksaan, pada tahap ini dipaksa berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Islam. Ketiga, tahap pembiasaan, merupakan tahap dimana keseharian melakukan sesuatu yang sudah di alami sebelumnya . Keempat, tahap kebutuhan,berdasarkan pada kesadaran individu meresapi apa yang telah didapatkan. kelima, tahap evaluasi, merupakan penilaian hasil sejauh mana dapat melakukan nilai-nilai Islam. Hasil dari Upaya internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam mempunyai dampak positif bagi mahasiswa untuk menjadi manusia yang berkehidupan Islami. Adapun hasil yang terlihat dari Upaya Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam kepada Mahasiswa berbasis kegiatan Pesantren diantaranya yaitu, mahasiswa mampu mempunyai pemahaman aqidah Islam yang benar, memiliki sikap sadar dan rela menjalani pendisiplinan ibadah seperti sholat wajib, sholat sunah, wirid dan doa. Membuat komitmen berakhlakul karimah selama belajar di perguruan tinggi, semangat berinteraksi dengan Al-Quran dan mampu membaca dengan benar, mampu mempraktekkan nilai-nilai ajaran Islam dalam berkehidupan serta menerapkan ibadah praktis dengan benar Kata Kunci: Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam, Mahasiswa, Kegiatan Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 18 Apr 2018 07:51
Last Modified: 18 Apr 2018 07:51
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3839

Actions (login required)

View Item View Item