AGUSTIN, NITA (2018) ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PERMAINAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
||
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika, (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan media permaianan, (3) mengetahui minat belajar siswa pada penerapan pembelajaran dengan media permainan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kec. Ponorogo. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D. Selanjutnya, pada kelas subjek diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media permainan pada materi koordinat kartesius. Instrumen pada penelitian ini dalam mengumpulkan data meliputi angket minat belajar dan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan menggunakan media permainan, lembar observasi, pedoman wawancara guru, serta pedoman wawancara siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan menelaah seluruh data yang diperoleh, membuat klasifikasi dan mendeskripsikan hasil angket dengan hasil wawancara siswa berdasarkan indikator dan mendeskripsikan hasil observasi, serta melakukan penarikan kesimpulan yang dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor dominan yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa adalah penggunaan media dalam pembelajaran, kepribadian guru yang mengajar, dan suasana belajar yang dirasakan siswa. Pada penerapan pembelajaran dengan menggunakan media permainan, siswa memberikan respon yang positif. Mereka merasa bahwa pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan, mudah dalam memahami materi, serta lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, minat belajar siswa meningkat sebesar 12% setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media permainan. Kata Kunci: Minat Belajar, Faktor Dominan, dan Media Permainan
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 05:31 |
Last Modified: | 19 Apr 2018 05:31 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3890 |
Actions (login required)
View Item |