PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN SETTING METODE SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

DWI MAESTI, NIRMALA CAHYA (2018) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN SETTING METODE SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (24MB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education dengan setting Metode sosiodrama terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kec.Balong dan dengan subjek penelitian semua siswa kelas VII G dan kelas VII H yang dipilih karena dengan pertimbangan guru pembimbing dari peneliti yang mengajar dikelas tersebut. Pada kelas VIII G diterapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education dengan setting metode sosiodrama, sedangkan pada kelas VII H diterapkan pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematic education saja. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi instrument tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan non tes berupa lembar observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini untuk melihat pengaruh pendekatan realistic mathematic education dengan setting metode sosiodrama ditinjau dari masing-masing variabel terikat adalah uji t dua sampel dependen dan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa Pendekatan Realistic mathematic education (RME) dengan setting metode sosiodrama berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh peningkatan sebesar 24,6%. Begitupun dengan Pendekatan realistic mathematic education (RME) yang juga berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditunjukkan dengan diperoleh peningkatan sebesar 23,71%. Dari sini dapat diketahui bahwa keduanya sama-sama berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa akan tetapi pendekatan realistic mathematic education (RME) dengan setting metode sosiodrama lebih berpengaruh dengan selisih prosentase 0,9%. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Metode Sosiodrama

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 20 Apr 2018 02:15
Last Modified: 20 Apr 2018 02:15
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3904

Actions (login required)

View Item View Item