KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

MUNAWAROH, UMI (2018) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Komunikasi merupakan bagian penting dalam matematika dan pembelajaran matematika yang perlu untuk dikembangkan; hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis masih rendah dan belum diketahui penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan dan tulisan; dan mengetahui serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru matematika dan 29 siswa kelas VIII-E SMP Negeri 5 Ponorogo. Data diperoleh dari teknik pengumpulan tes dan non-tes dengan metode angket, observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Metode angket, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui komunikasi matematis siswa secara lisan, sikap guru, sikap siswa, dan kondisi kegiatan pembelajaran matematika. Metode tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan dasar dan kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis. Data dianalisis secara deskriptif-kuantitatif untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa, dan analisis data model Miles and Huberman untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan dan tulisan masih rendah. Cara mengajar guru merupakan aspek dominan yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa, khususnya pembiasaan guru untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan maupun tulisan dan upaya guru untuk menciptakan komunitas matematika ketika pembelajaran matematika. Kurangnya rasa percaya diri, pemahaman terhadap beberapa istilah matematika, dan keengganan siswa dalam mempelajari matematika menjadi faktor lain yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, komunitas matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 20 Apr 2018 03:03
Last Modified: 20 Apr 2018 03:03
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item