PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE CARD SORT SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KEMUNING II TEGALOMBO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SANTOSO, FENDI (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE CARD SORT SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KEMUNING II TEGALOMBO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER,ABSTRAK,BAB I.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text
BAB IV-V .pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (685kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Pendidikan di artikan upaya secara sadar yang di lakukan oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama. Oleh karena itu, pendidikan dipandang sebagai salah satu aspek yang memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi muda agar memiliki kepribadian yang baik. Maka peserta didik akan menjadi manusia yang berguna bagi nusa bangsa dan agamanya. Metode pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah metode yang bagus di harapkan membuat siswa bisa memahami dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah bagaimana penerapan pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak terpuji siswa MIM Kemuning II Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2011/2012. Adakah peningkatan Prestasi belajar Aqidah Akhlak pada materi pembiasaan Akhlak Terpuji melalui metode Card Sort siswa MIM Kemuning II Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2011/2012. Apa faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode Card Sort di MIM Kemuning II Tegalombo Pacitan.penelitian ini bertujuan untuk: menerapkan pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak terpuji siswa MIM Kemuning II Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2011/2012. Meningkatkan Prestasi belajar Aqidah Akhlak pada materi pembiasaan Akhlak Terpuji melalui metode Card Sort siswa MIM Kemuning II Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode dan jenis pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian Metode Card Sort dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlaq dengan materi Akhlaq Terpuji, di MI Muhammadiyah Kemuning II Kecamatan Tegalombo, hal ini terlihat dengan ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (44,44%), siklus II (77,77%), siklus III (98 %).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 22 Apr 2014 04:10
Last Modified: 22 Apr 2014 04:10
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item