HARDIYANTI, LINDA (2018) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK TI INDONESIA GLOBAL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
1. halaman depan.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
||
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
|
Text
7. daftar pustaka.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text
8. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui penerapan pendekatan kontekstual yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas X Multimedia SMK TI Indonesia Global. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMK TI Indonesia Global Ponorogo dengan jumlah 21 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest, posttest, dan lembar observasi kegiatan pembelajaran siswa dan guru. penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif terhadap yang diperoleh. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah minimal 75% dari keseluruhan siswa kelas X Multimedia SMK TI Indonesia Global berada pada kategori memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis baik setelah pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual. Sedangkan untuk kegiatan pembelajaran siswa dan guru berada pada kriteria baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan langkah-langkah pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan baik atau sangat baik. Dengan upaya perbaikan yakni guru merangsang siswa agar siswa berani bertanya, guru harus selalu memantau siswa dan menegurnya agar siswa mau mengerjakan lembar kerja kelompok (LKK) dengan teman kelompoknya, guru harus membujuk dan memotivasi siswa dengan memberikan reward agar siswa mau mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Pendekatan Kontekstual.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 04:01 |
Last Modified: | 20 Apr 2018 04:01 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3911 |
Actions (login required)
View Item |