Dwi, Vitariana (2018) PENGARUH PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENGAMBIL KREDIT DI PT. PNM MEKAAR (PERSERO) CABANG SLAHUNG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (548kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Lembaga Keuangan Bukan Bank juga memiliki andil dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Salah satunya ialah PT PNM Mekaar yang memberikan solusi pembiayaan kepada masyarakat menengah ke bawah yang memiliki Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu unit kerjanya adalah PT PNM cabang Slahung. Kinerja PT PNM Cabang Slahung masih kurang optimal, hal tersebut terbukti dari tidak terpenuhinya target nasabah yang mengambil kredit. Rendahnya jumlah nasabah yang mengambil kredit tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor dari bauran pemasarannya. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh produk terhadap keputusan nasabah mengambil kredit; 2) untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah mengambil kredit; 3) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan nasabah mengambil kredit; 4) untuk mengetahui faktor paling dominan pengaruhnya di antara produk, promosi dan harga terhadap keputusan nasabah mengambil kredit. Obyek dalam penelitian ini adalah nasabah yang mengambil kredit di PT PNM Mekaar Cabang Slahung. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dan survei. Populasi dalam penelitian adalah seluruh nasabah yang yang mengambil kredit di PT PNM Mekaar Cabang Slahung selama bulan Oktober-Desember 2017 sejumlah 232 nasabah. Besar sampel ditentukan dengan rumus Lwanga & Lemeshow dan diperoleh 107 nasabah. Besar sampel tersebut kemudian akan dipilih dengan metode Simple Random Sampling. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian dianalisis dengan menggunakan uji validitas Product Moment Pearson dan uji reliabilitas Cronbach Alpha. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Persamaan regresi adalah Y= -0,555 + 0,374 X1 + 0,255 X2 + 0,580 X3. Hasil Uji T menunjukkan bahwa variabel produk (X1), promosi (X2) dan harga (X3) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan nasabah mengambil kredit (Y). Hasil Uji F menjabarkan bahwa variabel produk (X1), promosi (X2) dan harga (X3) secara simultan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan nasabah mengambil kredit. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan nasabah mengambil kredit adalah harga. Angka Adjusted R Square sebesar 95,8% menunjukkan bahwa keputusan nasabah mengambil kredit dipengaruhi oleh tiga variabel independen tersebut. Sedangkan sisanya sebesar 4,2% keputusan nasabah mengambil kredit dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel produk, promosi dan harga baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan nasabah mengambil kredit di PT PNM Mekaar. Kata Kunci: Harga, keputusan pengambilan kredit, produk, promosi
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Economic > Department of Management |
Depositing User: | Editor FE |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 03:42 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 03:42 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4085 |
Actions (login required)
View Item |