PENDIDIKAN KREATIF BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM MELALUI PUBLIC LITERACY (Studi Kasus Di Komunitas Gubuk Literasi Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo)

AFI TRI, APRILIA (2018) PENDIDIKAN KREATIF BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM MELALUI PUBLIC LITERACY (Studi Kasus Di Komunitas Gubuk Literasi Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
a. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Bab I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
c. Bab II.pdf

Download (646kB)
[img] Text
d. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
e. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
f. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
g. Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
h. Lampiran.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Aprilia, Afi Tri. Pendidikan Kreatif Berbasis Nilai-nilai Islam melalui Public Literacy (Studi Kasus di Komunitas Gubuk Literasi Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo), Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018. Pembimbing (I) Drs. Rido Kurnianto, M.Ag. dan Pembimbing (II) Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I. Kata Kunci: Pendidikan Kreatif, Nilai-nilai Islam, Literasi Publik. Minimnya minat membaca di masyarakat Ponorogo membuat kerdilnya ilmu, dibuktikan sedikitnya perpustakaan atau toko buku yang ada di Ponorogo. Hal ini memicu hadirnya beberapa komunitas literasi atau pegiat literasi, salah satunya komunitas Gubuk Literasi yang telah diinisiasi oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo yang kemudian membuka salah satu kegiatannya yakni taman bacaan atau perpustakaan terbuka di area publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk, penerapan dan faktor pendukung serta penghambat dari pendidikan kreatif berbasis nilai-nilai Islam melalui public lieracy studi kasus di komunitas Gubuk Literasi Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo berupa kegiatan-kegiatan pengembangan keilmuan seperti menggelar lapak baca (taman bacaan) secara rutin, diskusi antar pengelola dan anggota dengan penyisipan nilai-nilai Islam, dan menanamkan jiwa pentingnya membaca serta memberantas buta aksara di masyarakat. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu data yang telah terkumpul maka disusun dan di klasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek yang penelitian adalah ketua dari Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo, koordinator dan pengelola komunitas Gubuk Literasi, serta masyarakat yang menjadi peminat atau pengunjung dari komunitas Gubuk Literasi. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk dari kegiatan kreatif yang dikemas pengelola komunitas, sehingga mampu menjadi wadah bagi pendidikan dan khasanah keilmuan serta upaya para pengelola dalam menyisipkan nilai-nilai Islam dalam gerakannya di komunitas Gubuk Literasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bentuk-bentuk pendidikan kreatif berbasis nilai-nilai Islam melalui public literacy (studi kasus di komunitas Gubuk Literasi Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo) yaitu anak-anak menjadi memahami cerita dan mencontoh akhlak atau ibrah yang ada dalam cerita melalui kisah yang didongengkan (dibacakan) atau dibaca, terlahir parapegiat literasi yang membangun keilmuan, menjadi tumbuh minat membaca di masyarakat, terbiasanya para anggota komunitas untuk menyisipkan ayat-ayat al Quran dalam diskusinya yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:15
Last Modified: 03 Oct 2018 06:15
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4168

Actions (login required)

View Item View Item