Evin, Fatma Fidhiyanti (2018) PENANAMAN KARAKTER ISLAMI BERBASIS BRANDING SCHOOL (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 3 SLAHUNG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (408kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (489kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (5MB) |
Abstract
Evin Fatma Fidhiyanti, Katni Pembimbing I, Nurul Abidin Pembimbing II. 2018. Penanaman Karakter Islami Berbasis Branding School di Sekolah Menengah Petama Negeri 3 Slahung Ponorogo. Penanaman nilai pendidikan Islam di SMPN 3 Slahung Ponorogo adalah jabat tangan sebelum masuk sekolah, penerapan 2S (Salim dan Sopan Santun), BTQ (dilakukan oleh semua peserta didik), jum’at rohani (dilaksakan sebelum jam pelajaran), sholat jum’at berjamaah (dilaksanakan sesuai jadwal dan berlaku untuk seluruh peserta didik), sholat dhuha berjamaah, sholat fardhu berjamaah di sekolah. Dengan branding school, SMPN 3 Slahung Ponorogo juga disebut sekolah adiwiyata, dimana sekolah adiwiyata adalah tempat yang nyaman, dan tenang untuk memperoleh ilmu baik umum maupun agama, norma dan tata krama oleh manusia agar sukses dalam kemakmuran hidup dan dalam cita-cita pengembangan masa depan, serta dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana strategi penanaman karakter islami berbasis branding school di SMPN 3 Slahung Ponorogo, 2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman karakter islami berbasis branding school di SMPN 3 Slahung Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Validasi data menggunakan teknik meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Strategi Penanaman Karakter Islami berbasis Branding School di SMPN 3 Slahung Ponorogo adalah nilai religius dan lingkungan adiwiyata. Nilai religius terdiri dari 2 pokok yang pertama kegiatan ibadah yang meliputi sholat Dhuhur berjamaah, Sholat Dhuha berjamaah, dan sholat Jum’at. Yang kedua akhlak yang meliputi disiplin diri dan hormat pada guru. Displin diri dibagi menjadi 4 yaitu disiplin masuk sekolah, disiplin mengikuti pelajaran, displin berpakaian, dan displin bergaul. Hormat pada guru, menerapakan 5S yaitu salam, salim, senyum dan sapa, dan sopan santun. Lingkungan adiwiyata melalui kegiatan pengelolaan sampah, pengelolaan air limbah, pengelolaan green house, dan pengelolaan kebun buah. Branding school adalah memberdayakan lingkungan sekitar menjadi lingkungan adiwiyata serta dalam publikasi kegiatan dan program yang menonjol melalui media elektronik seperti blog, facebook dan koran. Faktor pendukung dan faktor penghambat Penanaman Karakter Islami berbasis Branding School di SMPN 3 Slahung Ponorogo adalah faktor pendukung meliputi adanya buku-buku agama, adanya sarana tempat ibadah yang memadai, adanya kegiatan keagamaan, partisipasi yang kompak oleh warga sekolah, dan SMPN 3 Slahung sebagai sekolah branding school. Sedangkan faktor penghambat meliputi waktu yang kurang memadai, kurangnya ilmu keagamaan siswa, dan siswa kurang terbimbingnya agama di rumah dan di masyarakat. Kata kunci: karakter islami, religius, lingkungan adiwiyata
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 06:26 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 06:26 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4173 |
Actions (login required)
View Item |