MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN 03 KEMIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MAR’AHTUT, WAKIDIYAH (2018) MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN 03 KEMIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. COVER s.d DAFTAR TABEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (417kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Wakidiyah, Mar’ahtut. 2018. Membentuk Karakter Islami dengan Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 03 Kemiri Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I) Dr. Happy Susanto, MA (II) Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I. Kata kunci : karakter islami Contextual Teaching and Learning (CTL), Pelajaran PAI Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan realitas kehidupan nyata, sehingga mendorong peserta didik untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, proses belajar dalam konteks CTL ini tidak mengharapkan agar peserta didik hanya menerima pelajaran, tetapi proses mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran tersebut pada tahun pelajaran 2017/2018 SDN 03 Kemiri juga menerapkan pendekatan CTL pada mata pelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan redukis data, pengajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pendidikan karakter islami melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN 03 Kemiri tahun ajaran 2017/2018? Bagaimana hasil penerapan pendidikan karakter islami melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN 03 Kemiri Tahun ajaran 2017/2018? Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter Islami melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN 03 Kemiri Tahun ajaran 2017/2018? Penerapan pendidikan karakter islami dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 03 Kemiri berlangsung dalam tiga tahap. Tahap pertama yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penerapan pendidikan karakter islami melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN 03 Kemiri Tahun ajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa pendekatan CTL belum menunjukkan hasil maksimal, hal ini disebabkan oleh dua hal yaitu: peserta didik yang sering kali kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran di kelas karena mereka cenderung ingin terus bermain sendiri dan mudah bosan serta mengenai alokasi waktu yang kurang terutama saat pembelajaran materi tentang al-Qur’an, karena tidak semua peserta didik sudah mahir membaca al-Qur’an. Faktor pendukung penerapan pendidikan karakter Islami melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN 03 Kemiri Tahun ajaran 2017/2018 adalah terpenuhinya semua komponen CTL. Adapun Faktor penghambatnya adalah kebosanan siswa dan keterbatasan waktu. Adapun faktor pendukungnya adalah telah terpenuhinya seluruh komponen CTL dalam pembelajaran di kelas IV, V dan VI.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:43
Last Modified: 03 Oct 2018 06:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4181

Actions (login required)

View Item View Item