STRATEGI PENDIDIKAN UNGGUL BERBASIS ORGANISASI (STUDI KASUS DI PIMPINAN DAERAH IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH PONOROGO)

SRI, WAHYUNI (2018) STRATEGI PENDIDIKAN UNGGUL BERBASIS ORGANISASI (STUDI KASUS DI PIMPINAN DAERAH IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
a. Halaman Depan..pdf

Download (879kB)
[img] Text
b. Bab I..pdf

Download (308kB)
[img] Text
c. Bab II..pdf

Download (247kB)
[img] Text
d. Bab III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
e. Bab IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
f. Bab V..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
g. Daftar Pustaka..pdf

Download (193kB)
[img] Text
h. Lampiran..pdf

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Sri Wahyuni, 2018, Strategi Pendidikan Unggul Berbasis Organisasi (Studi Kasus di Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo). Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakutas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (I) Nuraini, M.Pd.I, Pembimbing (II) Nurul Abidin, M.Ed Kata Kunci: Strategi Pendidikan Unggul, Organisasi Zaman sekarang adalah zaman modern, kehidupan kita dihadapkan dengan masalah moral dan akhlak yang cukup serius. Pelajar sebagai generasi bangsa sangat berharga, untuk membentuk generasi penerus bangsa yang unggul dan berkualitas diperlukan pendidikan yang memadai. Pendidikan unggul dalam organisasi sangat diperlukan untuk membantu mewujudkan tujuan pendidikan. Strategi pendidikan unggul berbasis organisasi tentunya sangat berbeda dengan strategi pendidikan formal pada umumnya. Strategi pendidikan unggul berbasis organisasi tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Pendidikan bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan bagaimana saja keadaannya. Maka PD IPM Ponorogo berusaha memaksimalkan strategi pendidikan unggul untuk mengkader anggotanya agar nanti bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berguna baik untuk dirinya sendiri, masyarakat, dan bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk pendidikan unggul di Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiya, 2) Untuk mengetahui strategi pendidikan unggul berbasis organisasi di Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo, 3) Untuk memahami faktor pendukung dan penghambat strategi pendidikan unggul berbasis organisasi di Pimpinan Daerah Ikatan pelajar Muhammadiyah Ponorogo. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pimpinan Daerah Ikatan pelajar Muhammadiyah Ponorogo memiliki dan menerapkan beberapa macam strategi pendidikan yaitu diadakannya kegiatan-kegiatan positif, menjalin kerjasama dengan pihak lain, menjalin kerjasama dengan AUM atau instansi-instansi yang dibutuhkan, mengenalkan dan membiasakan untuk membaca buku, mengenalkan budaya literasi, meyeimbangkan antara kesehatan jasmani dan rohani, membangun suatu organisasi dengan kekeluargaan, sharing-sharing dengan teman-teman, melakukan pendekatan dengan anggota, serta mengidentifikasi peluang. Saran peneliti yang sehubungan dengan penelitian, diharapkan komunikasi antar anggota lebih ditingkatkan lagi agar terjalin silahturrahmi semakin baik dan mampu mengadakan kegiatan pendidikan yang lebih aktif, kreatif, inovatif serta bermanfaat, dan untuk peneliti selanjutnya, agar meneliti lebih dalam lagi dan lebih luas cakupannya dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 08 Oct 2018 01:04
Last Modified: 08 Oct 2018 01:04
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4210

Actions (login required)

View Item View Item