PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES PADA SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM NGRAKET BALONG PONOROGO

Arini, Ulfa Rohmah (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES PADA SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM NGRAKET BALONG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
00. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (813kB)
[img] Text
01.BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
02. BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text
03. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
05. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
06. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
07.LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan Model Eliciting Activities yang efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa melalui penerapan Model Eliciting Activities, (3) mendeskripsikan peningkatan disposisi matematis siswa melalui penerapan Model Eliciting Activities. Dari hasil pretes di awal penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematika siswa rendah serta banyak disposisi matematis siswa yang berada pada kategori kurang dan cukup. Jenis penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyeknya seluruh siswa kelas VIII B MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisa pelaksanaan pembelajaran adalah dengan mempersentase skor hasil observasi pembelajaran. Untuk menganalisa kemampuan penalaran matematika digunakan persentase jumlah siswa yang mencapai kategori “baik” dan “sangat baik”. Sedangkan untuk menganalisa disposisi matematis siswa digunakan rata-rata peningkatan kategori disposisi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa. Hal ini dibuktikan dengan Persentase jumlah siswa yang mencapai kategori “baik” dan “sangat baik” yaitu 73,91% lebih tinggi dari Persentase minimal indikator keberhasilan. Begitupun dengan disposisi matematis, rata-rata peningkatan di akhir siklus sebesar 1,043 menunjukkan bahwa nilainya lebih besar dari batas minimal rata-rata indikator keberhasilan disposisi matematis. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Eliciting Activities yang efektif dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa kelas VIII B MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong Ponorogo. Kata kunci: Model Eliciting Activities, Kemampuan Penalaran Matematika, Disposisi matematis

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:23
Last Modified: 08 Oct 2018 04:23
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4285

Actions (login required)

View Item View Item