ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV BERDASARKAN KRITERIA WATSON DI SMP NEGERI KABUPATEN PONOROGO

Evy, Mafiroh (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV BERDASARKAN KRITERIA WATSON DI SMP NEGERI KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui jenis kesalahan siswa berdasarkan kriteria Watson dalam menyelesaikan soal materi SPLDV di Kabupaten Ponorogo. (2) mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri Kabupaten Ponorogo dengan kualifikasi ranking sekolah Ujian Nasioal tahun pelajaran 2016/2017, yaitu kualifikasi ranking sekolah tinggi, sedang dan rendah. Peneliti dilakukan di SMPN 4 Ponorogo, SMPN 2 Jetis dan SMPN 1 Siman. Data penelitian diperoleh dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal tes penelitian materi SPLDV. Sedangkan wawancara dilakukan guna mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan berdasarkan kriteria watson. Terdapat 6 jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV yaitu pada data tidak tepat (id) sebesar 18%, prosedur tidak tepat (ip) sebesar 43%, kesimpulan hilang (oc) sebesar 20%, konflik level respon (rlc) sebesar 15%, manipulasi tidak langsung (um) sebesar 1% dan masalah hirarki keterampilan (shp) sebesar 32%. Jenis kesalahan yang tidak dilakukan siswa adalah jenis kesalahan data hilang (od) sebesar 0%. Jenis kesalahan paling dominan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV adalah jenis kesalahan prosedur tidak tepat (ip). Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaiakan soal SPLDV, diantaranya adalah siswa kurang teliti dan terampil dalam mengoperasikan bilangan serta memahami soal, jarang latihan dalam menyelesaikan soal dan kemampuan pemahaman konsep SPLDV yang rendah. Kata Kunci : Analisis, Kriteria Watson, Materi SPLDV.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:11
Last Modified: 08 Oct 2018 06:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4287

Actions (login required)

View Item View Item