UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XB JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 KEBONSARI MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

IMAM, BUDIONO (2018) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XB JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 KEBONSARI MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas XB jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Kebonsari, (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas XB jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Kebonsari melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas XB jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Kebonsari yang berjumlah 30 siswai. Pengambilan data yang dilakukan yaitu tes pemahaman konsep matematika dan observasi aktivitas guru. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes pemahaman konsep matematika dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa adalah siswa diberikan masalah kontekstual yang sesuai dengan materi dan meminta siswa untuk memahami masalah tersebut. Siswa menyelesaikan masalah kontekstual yang diberikan. Siswa diberikan kesempatan untuk membandingkan atau mendiskusikan jawabannya dengan anggota kelompoknya, selanjutnya dibandingkan dan didiskusikan lagi dalam diskusi kelas. Langkah terakhir siswa diminta untuk membuat kesimpulan. Upaya yang peneliti berikan untuk perbaikan siklus berikutnya adalah di awal pembelajaran diberikan apersepsi mengenai sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan bilangan berpangkat, siswa dimotivasi untuk aktif berdiskusi, dan membantu siswa yang kesulitan. Selain itu siswa lebih sering diberikan contoh-contoh soal pemahaman konsep dengan berbagai macam kontruksi matematika, sehingga siswa terbiasa dengan berbagai macam soal pemahaman konsep, dan siswa mampu menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematis. (2) dari hasil tes pemahaman konsep matematika siklus 1 diperoleh hasil bahwa semua indikator pemahaman konsep masuk kategori baik kecuali indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis masuk kategori cukup. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus 2 semua indikator pemahaman konsep masuk kategori baik. Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:17
Last Modified: 08 Oct 2018 06:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4289

Actions (login required)

View Item View Item