AGI, KUSUMANINGTYAS PRATIWI (2018) PEMAHAMAN INSTRUMENTAL DAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH STATISTIKA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (447kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (192kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (269kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pemahaman instrumental siswa SMA dalam konsep ukuran pemusatan pada Statistika, dan (2) mendeskripsikan pemahaman relasional siswa SMA dalam konsep ukuran pemusatan pada Statistika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa program tahfidz kelas XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah pemahamaan instrumental siswa terhadap ukuran pemusatan data diantaranya adalah hafal metode dan prosedur dari ukuran pemusatan data. Pemahaman instrumental tidak memahami tentang konsep ukuran pemusatan sebagai dasar penggunaan ukuran pemusatan data dalam menyelesaikan masalah. Pemahaman instrumental mencakup 2 pengetahuan yaitu pengetahuan fungsional dan pengetaahuan komputasional. Sementara itu pemahmaan relasional mempunyai beberapa karakteristik. Karakteristik berikut adalah mampu menghubungkan metode dengan permasalahan, mampu menjelaskan alasan mendasar dalam menggunakan metode, dan mampu menggunakan metode yang sesuai dalam permasahan yang lain. Pemahaman relasional pada ukuran pemusatan data mempunyai pemahaman tentang konsep ukuran pemusatan data. Pemahaman relasional siswa dapat dilihat dari pemahaman terhadap ukuran pemusatan yang menjadi konsep utama dari penggunaan ukuran pemusatan data. Selain itu, kemampuan menggunakan metode yang sesuai dalam permasalahan lain dapat dilihat dari kekonsistenan dalam menggunakan metode dan prosedur yang benar pada setiap masalah atau kondisi yang berbeda. Siswa dengan pemahman relasional mampu menjelaskan aturan ukuran pemusatan data dalam menyelesaikan masalah. Pemahaman relasional mampu menghubungkan materi lain yang sebelumnya pernah dipelajari dengan materi yang sedang dipelajari dan memahami strategi masuk akal untuk menyelesaikan masalah. Pengetahuan yang dimiliki oleh pemahaman relasional antara lain pengetahuan fungsional, pengetahuan komputasional, dan pengetahuan analog. Kata Kunci: Pemahaman Instrumental, Pemahaman Relasional, Statistika, Ukuran Pemusatan Data.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:41 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:41 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4301 |
Actions (login required)
View Item |