EVI, LATIFAH KURNIAWATI (2018) REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
halaman depan.pdf Download (743kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (422kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (565kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (391kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui representasi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Independent. 2) mengetahui representasi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Dependent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi semua siswa kelas VII Program Bilingual MTs Negeri 2 Ponorogo yang berjumlah lima kelas. Dari lima kelas tersebut, kelas VII-B Bilingual terpilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes sedangkan instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes GEFT untuk mengetahui gaya kognitif yang dimiliki siswa dan soal tes tulis matematika yang terdiri dari 2 soal untuk mengetahui representasi matematis siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Subjek Field Independent menggunakan representasi simbol atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis dalam proses penyelesainnya. Subjek Field Independent menggunakan representasi simbol atau ekspresi matematis dengan baik. Hal itu terlihat subjek mampu menggunakan simbol dan selanjutnya mampu mensubtitusikan nilai yang bersesuaian dengan simbol tersebut. Sedangkan pada representasi kata-kata atau teks tertulis terlihat pada saat subjek Field Independent menuliskan yang diketahui, yang ditanya, memberi keterangan nama bangun dan pada kesimpulan. 2) Subjek Field Dependent menggunakan representasi gambar, simbol atau ekspresi matematis, kata-kata atau teks tertulis. Subjek Field Dependent menggunakan representasi gambar ketika untuk menunjukkan bentuk bangun, selain itu juga untuk menggambarkan keadaan dari soal tersebut. Pada representasi simbol atau ekspresi matematis subjek Field Dependent kesulitan dalam menggunakan simbol dan kesulitan juga dalam mensubtitusikan nilai yang bersesuaian dengan simbol tersebut. Sedangkan pada representasi kata-kata atau teks tertulis sama seperti subjek Field Independent, subjek menuliskan yang diketahui, yang ditanya, memberi keterangan nama bangun dan pada kesimpulan. Kata Kunci: Representasi matematis, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:46 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:46 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4304 |
Actions (login required)
View Item |