ANALISIS TINGKAT PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH Di TK Nahdatul Ulama Magetan

NADIA, PUSPA EKAPUTRI PEBRIANY (2018) ANALISIS TINGKAT PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH Di TK Nahdatul Ulama Magetan. Tugas Akhir (D3) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
cover KTI.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Perkembangan kognitif menjadi sangat penting manakala anak akan dihadapkan kepada persoalan-persoalan yang menuntut kemampuan berpikir yakni pada saat mereka berusia diantara 4-6 tahun dimana mereka biasanya mengikuti program Taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Analisi Tingkat Perkembangan Kognitif Anak Prasekolah Di TK Nahdatul Ulama Magetan. Desain penelitian adalah deskriptif, dengan teknik purposive random sampling, jumlah sampel 44 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesoner yang diperoleh sebagian anak di TK Nahdatul Ulama Magetan dengan teknik analisa data menggunakan prosentase. Hasil penelitian diketahui perkembangan kognitif anak berdasakan pengetahuan umum dan sains diketahui sebanyak 89% (36 responden) memiliki perkembangan yang baik, sedangkan perkembangan kognitif anak berdasakan pada konsep bentuk, warna, ukuran dan pola sebanyak 70,4% (31 responden) memiliki perkembangan baik dan perkembangan kognitif anak berdasakan konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf sebanyak 27,3% (12 responden) mimiliki perkembangan kognitif kurang baik. Kesimpulan dari hasil penelitian analisis tingkat perkembangan kognitif yang menduduki tingkat tinggi yaitu perkembangan kognitif anak berdasarkan pengetahuan umum dan sains sebanyak 89% (36 responden) memiliki perkembangan yang baik sehingga perlu adanya kelanjutan penelitian mengenai hubungan antara perilaku ibu dan peran ibu dengan perkembangan kognitif anak prasekolah. Kata Kunci : Perkembangan, Kognitif, Anak Prsekolah

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (D3))
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing D3
Depositing User: Editor FIK
Date Deposited: 10 Oct 2018 04:14
Last Modified: 10 Oct 2018 04:14
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

View Item View Item