YULIA, HANDAYANI (2018) MANAJEMEN PESANTREN DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KEMUHAMMADIYAHAN (Studi Multisitus diMa’had Aly Al-Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Panti Asuhan Nurrus Syamsi). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
a HALAMAN DEPAN.pdf Download (750kB) |
|
Text
b BAB I.pdf Download (346kB) |
|
Text
c BAB II.pdf Download (376kB) |
|
Text
d BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
Text
e BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
|
Text
f BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
g DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text
h LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Handayani, Yulia. 2018. Manajemen Pesantren dalam Membangun Nilai-nilai Kemuhammadiyahan (Studi MultiSitus di Ma'had 'Aly Al-Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Panti Asuhan Nurus Syamsi). Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing: (1) Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I (2) Drs. Rido Kurnianto, MA. Kata Kunci:Manajemen, Pesantren dan Nilai-Nilai Kemuhammadiyahan. Dalam dunia pendidikan baik pendidikan Islam atau pendidikan umum pastinya memerlukan managemen, sebuah managemen yang bagus akan membawa suatu lembaga ke arah yang lebih baik, awal mulanya tema managemen hanya populer didunia perusahaan atau bisnis, kemudian tema ini digunakan dalam profesi lainnya termasuk dalam pendidikan dengan beberapa modifikasi dan spesifikasi tertentu lantaran perbedaan objek. Berangkat dari hal tersebut banyak lembaga pendidikan yang berbenah diri dan memberikan beberapa tawaran untuk meningkatkan kualitasnya serta menambahkan kurikulum pesantren di dalam pembelajarannya. Pada kenyataanya pesantren Muhammadiyah kini telah mengembangkan sayapnya ditengah masyarakat dan dalam penerapannya pihak pesantren menerapkan nilai-nilai kemuhammadiyahan disetiap lini kegiatan para satri, yaitu nilai gerakan Islam, nilai tajdid dan nilai amar ma’ruf. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan mendeskripsikanmanajemen dalam menguatkan gerakan Islam,(2) manajemen dalam menguatkan tajdid dan (3) manajemen dalam menguatkan amar ma’ruf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam), observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan comparative constant analysis melalui dua tahap, yaitu analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas situs, teknik analisis data: penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dilakukan melalui uji triangulation, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian: (1) Manajemen dalam Menguatkan Gerakan Islam melalui program AL-ISLAM memiliki tujuan untuk mengembalikan jati diri seorang muslim, muslim yang berpikiran maju, berpikiran luas dan juga perpegang teguh pada Al-Qur’an dan sunnah sehingga dia tidak hanya sekedar ikut-ikutandan tidak mudah dibawa kesana kemari dengan arah dan tujuan yang tidak jelas. (2) Manajemen dalam Menguatkan Tajdid dikedua situs maka dapat dipahami bahwa program-program dalam menguatkan tajdi di kedua situs merupakan pengamalan baik (ma’ruf) dari segi ibadah maupun modernisasi yang sesuai dengan ajaran Islam dan tidak keluar dari ajaran Al-Qur’an dan Sunnah. (3) Manajemen dalam Menguatkan Amar Ma’ruf dari temuan pada kedua situs makan difahami jika gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar tidak hanya dilakukan oleh seorang da’i-da’i, namun geraka amar ma’ruf dapat dilakukan dengan memberikan suatu teladan yang baik, maupun melalui program-program atau kegiatan-kegiatan seperti Taddabur Alam, bakti sosial dan tapak suci.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Editor PASCA |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 04:19 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 04:19 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4519 |
Actions (login required)
View Item |