PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BA ‘AISYIYAH KLEPU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HENDRI, PATMAWATI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BA ‘AISYIYAH KLEPU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (422kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

HENDRI PATMAWATI: Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf Bergambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun di BA ‘Aisyiyah Klepu Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan proses pembelajaran mengenal huruf melalui media kartu huruf bergambar pada anak usia 4-5 tahun di BA ‘Aisyiyah Klepu tahun pelajaran 2018/2019. (2) mendeskripsikan dan menjelaskan hasil peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media Kartu huruf bergambar pada anak usia 4-5 tahun di BA ‘Aisyiyah Klepu tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas kolaboratif. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa usia 4-5 tahun pada kelompok A di BA ‘Aisyiyah Klepu yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun melalui media kartu huruf bergambar. Proses kegiatan pengenalan huruf dilakukan dengan cara menyiapkan kartu huruf bergambar yang akan di gunakan, gambar kartu menyesuaikan dengan tema pembelajaran. Pembelajaran bertema alam semesta, maka gambar-gambar yang ada pada kartu bertema alam semesta. Guru memberikan materi pembalajaran dan memberikan contoh cara pemakaian atau pemanfaatan kartu huruf bergambar. Anak diminta maju satu persatu mendengarkan instruksi atau arahan dari guru. Kemudian anak mempraktekkan instruksi guru tersebut. Anak diminta untuk menunjuk dan menyebutkan huruf-huruf pada setiap kartu yang ia kenal, dengan cara mengamati, dan mengingat huruf-huruf sebagaimana yang ia terima. Guru meminta anak untuk mengambil satu kartu, yang mempunyai gambar sesuai dengan sub tema pada hari itu. Guru menanyakan huruf awal dari kata dan meminta anak untuk menguraikan huruf dari kata tersebut. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada kegiatan pengenalan huruf menunjukkan adanya peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil kegiatan awal sebelum tindakan menunjukkan 6,67% meningkat sebesar 19,98% pada Siklus I menjadi 26,67%, dan mengalami peningkatan sebesar 60% sehingga mencapai 86,67% pada Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran pengenalan huruf dengan menggunakan media kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun. Kata kunci : Kemampuan mengenal huruf; Kartu huruf bergambar; Anak usia 4-5 tahun

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 11 Oct 2018 06:05
Last Modified: 11 Oct 2018 06:05
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4524

Actions (login required)

View Item View Item