PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA RODA PINTAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH SAMBIT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SITI, JUWARIYAH (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA RODA PINTAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH SAMBIT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (677kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN bu jujuk.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

SITI JUWARIYAH : Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Roda Pintar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Sambit Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media roda pintar pada anak usis 5-6 tahun di TK Aisyiyah Sambit kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca anak, sehingga diperlukan lebih banyak stimulasi pada anak agar kemampuan anak dapat meningkat sesuai dengan tahap perkembangan yang seharusnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan menggunkan model penelitian dari Kemmis dan Taggart, diman peneliti bekerja sama dengan guru kelas selama 2 siklus. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelompok B usia 5-6 tahun yang berjumlah 14 anak dengan 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Obyek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca menggunakan media roda pintar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila anak yang berkategori Berkembang Sangat Baik minimal sebanyak 80%. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca dapat ditingkatkan melalui media roda pintar. Hal ini ditunjukkan dengan kondisi awal saat Pra tindakan kemampuan membaca anak pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 07,15% dan meningkat pada siklus I yang masuk kriteria BSB sebanyak 14,28%. Pada siklus II kemampuan membaca anak meningkat pada kriteria BSB sebanyak 85,71%. Adapun langkah-langkah untuk mencapai target kriteria keberhasilan yaitu anak bermain roda pintar yaitu (1) menyebutkat simbol-simbol huruf yang dikenal, (2) mengenal suara huruf awal dari nama benda, (3) menyebutkan kelompok gambar yang memiliki huruf awal yang sama, (4) memahami hubungan antara bunyi dan huruf. Kata kunci : Kemampuan membaca, media roda pintar, anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 11 Oct 2018 06:11
Last Modified: 11 Oct 2018 06:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4527

Actions (login required)

View Item View Item