Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VIII C Bilingual MTsN 2 Ponorogo

BELLA, NISA BRILLIAN (2019) Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VIII C Bilingual MTsN 2 Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah ditinjau dari adversity quotient pada kategori siswa climbers, (2) mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah ditinjau dari adversity quotient pada kategori siswa campers, (3) mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah ditinjau dari adversity quotient pada kategori siswa quitters. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII C Bilingual MTsN 2 Ponorogo. Subjek penelitian diambil dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi merupakan pengumpulan data dengan memanfaatkan sumber data yang sudah tersedia akan digabungkan dengan berbagai teknik pengumpulan data. Data diperoleh berdasarkan hasil angket, tes tulis dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan siswa climbers sudah memahami permasalahan dan mampu mengidentifikasi unsur-unsur dengan benar namun mengalami kesulitan merumuskan model matematika soal aljabar karena skema tidak tersampaikan dengan baik sehingga berpengaruh pada strategi yang digunakan dan hasil tidak tepat. Siswa campers menunjukkan kesulitan pada bagian mengidentifikasi unsur-unsur, merumuskan model matematika, selain itu siswa belum memahami konsep pengoperasian aljabar sehingga terjadi kesalahan berulang pada setiap langkah, dan kesalahan lain yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yaitu siswa memiliki ketelitian yang kurang baik. Siswa ini tidak mampu menjelaskan hasil pekerjaannya secara logis. Sedangkan untuk kategori quitters tidak dianalisis dan dideskripsikan karena dalam penelitian ini tidak ditemukan siswa dalam kategori quitters. Kata kunci : Kesulitan pemecahan masalah, Adversity Quotient

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 09 Apr 2019 02:43
Last Modified: 09 Apr 2019 02:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4678

Actions (login required)

View Item View Item