ABSTRAKSI SISTEM PAKAR MENGIDENTIFIKASI KERUSAKAN GANGGUAN SAMBUNGAN TELEPON PT. TELKOM PONOROGO

AROSID, AJI (2012) ABSTRAKSI SISTEM PAKAR MENGIDENTIFIKASI KERUSAKAN GANGGUAN SAMBUNGAN TELEPON PT. TELKOM PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HAL DEPAN, BAB I aji.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II-V aji.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI SISTEM PAKAR MENGIDENTIFIKASI KERUSAKAN GANGGUAN SAMBUNGAN TELEPON PT. TELKOM PONOROGO Aji Arosid Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Ponorogo Salah satu komponen penunjang operasional dalam bidang teknologi yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah telepon, telepon merupakan objek atau barang yang banyak dibutuhkan dalam menunjang aktifitas keseharian, baik hanya sebagai objek penunjang atau maupun sebagai ujung tombak dalam komunikasi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang komputer semakin pesat diantaranya perkembangan sistem pakar yang merupakan bagian dari kecerdasar buatan. Pengetahuan yang dimiliki seorang pakar dapat digabungkan dengan kemampuan komputer sehingga dapat menghasilkan sebuah sistem pakar. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah sistem pakar yang dapat mengidentifikasi kerusakan gangguan sambungan telepon serta memberikan kemudahan informasi kepada pengguna telepon dalam menemukan letak permasalahan yang terjadi pada sambungan teleponnya tanpa terlebih dahulu melaporkan gangguan pada pihak Telkom. Sistem pakar ini akan bekerja dengan mengakses basis pengetahuan yang menampung pengetahuan mengenai berbagai kerusakan gangguan sambunagn telepon serta perbaikannya. Sistem ini menggunakan metode forward chaining (runut maju) yaitu metode ini melakukan pemrosesan berawal dari sekumpulan data untuk kemudian dilakukan inferensi sesuai dengan aturan yang diterapkan hingga diketemukan kesimpulan yang optimal. Dengan adanya sistem pakar ini pengguna bisa mengatasi sendiri kerusakan umum pada gangguan sambungan yang terjadi pada teleponnya. Kata kunci : Sistem pakar, telepon, diagnosa kerusakan gangguan sambungan telepon, forward chaining

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 30 Apr 2014 07:25
Last Modified: 30 Apr 2014 07:35
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item