PROBLEMATIKA PENDAMPINGAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN DI MI MUHAMMADIYAH 6 NGLEGOK PONOROGO

Nur Isnaini, Kenty (2020) PROBLEMATIKA PENDAMPINGAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN DI MI MUHAMMADIYAH 6 NGLEGOK PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Isnaini, Kenty Nur, 2020, Problematika Pendampingan Orang Tua Dan Guru Dalam Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo, Skripsi, Program S1Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyh. Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran, Pendampingan, Tahfizh Al-Qur’an Agama Islam merupakan agama yang sangat sempurna dalam mengatur dan memudahkan segala urusan kebaikan dalam kehidupan manusia. Islam memudahkan manusia yaitu Allah menjadikan al-Qur’an sebagai kitab suci yang mulia dan mudah dijadikan pelajaran dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara menghafalkannya atau biasa disebut dengan tahfizh al-Qur’an. Dalam proses tahfizh al-Qur’an ini perlu dijadikan sebagai pembelajaaran pokok seperti yang telah diterapkan oleh MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo. Pembelajaran tahfizh al-Qur’an yang telah diterapkan ini memiliki beberapa problematika yang menghambat tercapainya target tahfizh al-Qur’an yang telah ditetapkan, sehingga problematika dapat diketahui dan dijadikan perhatian untuk bisa meningkatkan kemampuan murid dalam pembelajaran tahfizh al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui problematika pembelajaran tahfizh al-Qur’an di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo, (2) Mengetahui problematika pendampingan orang tua di rumah dalam pembelajaran tahfizh al-Qur’an di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo, (3) Mengetahui problematika pendampingan guru dalam pembelajaran tahfizh al-Qur’an di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif-analitik, dengan alur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yang ditemukan pada penelitian ini adalah: (1) Problematika pembelajaran tahfizh al-Qur’an di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Ponorogo adalah proses pengelolaan kelas yang kurang tepat, kurangnya pemanfaatan media dan sumber ajar, dan waktu pembelajaran yang terbatas, (2) Problematika pendampingan orang tua dalam pembelajaran tahfizh al-Qur’an adalah orang tua kesulitan mengatur waktu, anak sulit dikontrol dan orang tua terlalu sibuk bekerja, (3) problematika pendampingan guru dalam pembelajaran tahfizh al-Qur’an terjadi pada model pengelompokan, penonjolan karakter individu, superioritas murid pandai dan kesulitan penyesuaian murid dan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Pendampingan, Tahfizh Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:43
Last Modified: 06 Jan 2021 03:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5670

Actions (login required)

View Item View Item