EFEKTIFITAS METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO

Magfirotin, Roissatul (2020) EFEKTIFITAS METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Roissatul Magfirotin, 2020, Efektifitas Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur`an Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (I) Ayok Ariyanto, M. Pd. I, (II) Nuraini, M. Pd. I. Kata Kunci: Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur`an. Penerapan pembelajaran Al-Qur`an dalam sebuah pendidikan akan berjalan dengan baik apabila pengajar menerapkan metode yang tepat untuk pembelajaran di dalam kelas. Metode pembelajaran Al-Qur`an yang digunakan di MI Darul Fikri adalah metode ummi, yang mana metode ummi dalam penerapannya mengutamakan fashahah dan makharijul huruf serta pembenaran tajwid dalam bacaannya. Yayasan Darul Fikri memiliki program unggulan untuk setiap lembaga yaitu tahfidzul Qur’an, sehingga setiap lembaga harus menyiapkan para pengajar dan peserta didik dalam penguasaan bacaan Al-Qur’an. Penerapan metode ummi di MI Darul Fikri, diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an untuk setiap pengajar dan peserta didik. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode ummi yang diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur`an di MI Darul Fikri dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an peserta didik di MI tersebut. Rumusan masalah yang diajukan oleh peneliti adalah, (1) bagaimana penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an peserta didik di MI darul fikri, dan (2) bagaimana efektifitas metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an peserta didik di MI Darul Fikri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dimana kelas yang diperlukan berjumlah dua kelas, satu kelas yang digunakan untuk kelas perlakuan atau kelas eksperimen dan kelas lain yang digunakan sebagai kelas pembanding atau kelas kontrol. Jumlah peserta didik yang digunakan untuk penelitian adalah 52 peserta didik yang kemudian dibagi menjadi 2 kelas tersebut. Dari setiap kelas kemudian akan dilakukan 2 kali tes, yaitu pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini adalah: dalam pengukuran efektifitas dan perbedaan skor rata-rata setiap kelas akan digunakan uji analisis deskriptif dan uji kategori kelas. Sedangkan untuk mengukur perbedaan rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol akan digunakan uji anova. Dari hasil uji deskripsi frekuensi diperoleh rata-rata dari post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol 80,77 > 75,58, dengan selisih rata-rata yaitu 5,19, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai ujian Al-Qur`an peserta didik di MI Darul Fikri. Berdasarkan hasil uji analisis hipotesis menggunakan uji anova, diperoleh f hitung 3,982 > 3,18, lebih besar dari f tabel, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis; terdapat perbedaan rata-rata nilai ujian Al-Qur`an peserta didik di Mi Darul Fikri diterima. Artinya dengan menerapkan metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur`an di MI Darul Fikri dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an peserta didik secara efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur`an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:08
Last Modified: 07 Jan 2021 04:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5683

Actions (login required)

View Item View Item