Qurotul Akhyuni, Viky (2020) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak di SERPAMA (Sekolah Rendah Bersepadu Musa-Asiah), Cambodia. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
halaman depan.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (590kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (953kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (507kB) |
|
Text
Lampiran skripsi viky.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Akhyuni Qurotul, Viky,2020, Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak di SERPAMA (Sekolah Rendah Bersepadu Musa-Asiah), Cambodia. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan, karakter, Serpama Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Latar belakang peneliti untuk meneliti di SERPAMA (Sekolah Bersepadu Musa-Asiah), Cambodia adalah rasa ingin keingintahuan peneliti bagaimana Impementasi pendidikan karakter yang diterapkan Guru sehingga anak-anak di SERPAMA mempunyai semangat belajar yang sangat tinggi terutama dalam hal Agama Islam. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti memfokuskan penelitian dengan memilih informan sebagai sumber data, menilai kualitas data, melakukan analilis data, memahami dan menafsirkan data, serta memberikan kesimpulan atas penelitian yang sudah didapat. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu membuat penelitian dan mengumpulkan data berupa gambar, kata-kata, dan dalam proses penelitiannya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pendidikan karakter pada anak di SERPAMA (Sekolah Rendah Bersepadu Musa-Asiah) dapat dilihat dari proses pembelajaran dan hubungan antara guru dengan murid di luar maupun di lingkungan sekolahan. Proses pembelajaran di SERPAMA (Sekolah Rendah Bersepadu Musa Asiah) menggunakan pembelajaran yang active learning dimana siswa dan guru sama-sama berperan dalam pembelajaran. Hasil dari Implementasi pendidikan karakter pada anak yang diterapkan SERPAMA(Sekolah Bersepadu Musa-Asiah), Cambodia adalah dengan cara menerapkan pembiasaan-pembiasaan seperti membiasakan datang tepat waktu saat sekolah, melaksanakan sholat dhuha berjamaah, kegiatan Majilis Berhimpunan kegitan tersebut seperti memberikan nasihat kepada siswa, melafalkan doa dan mengaji Al-Qur’an sebelum mulai pembelajaran, menyapa ustadz dan ustadzah lebih tepatnya memberikan salam hormat kepada Guru. Dengan pembiasaan-pembiasaan tersebut pribadi anak mulai terbentuk, yang awalnya belum tahu bagaimana bersopan santun dan yang mereka tahu hanya sholat dan puasa kini pengetahuan mereka menjadi bertambah tentang Agama islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan, karakter, Serpama |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 06:59 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 06:59 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5693 |
Actions (login required)
View Item |