ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA

Fadlillah, M (2018) ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (1). pp. 17-24. ISSN 2303-3800

[img] Text
8. ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Hasil Peer Review Artikel 8 (Aliran Progresivisme).pdf

Download (741kB)
[img] Text
8. ASLI-ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA.pdf

Download (258kB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/articl...

Abstract

Progresivisme merupakan aliran filsafat pendidikan modern yang menghendaki adanya perubahan pelaksanaan pendidikan menjadi lebih maju. Aliran progresivisme ini mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolah berpusat pada anak dan menjadikan pendidik hanya sebatas sebagai fasilitaor, pembimbing, dan pengarah bagi peserta didik. Adapun tujuan dari aliran progresivisme dalam pendidikan ialah ingin merubah praktik pendidikan yang selama ini terkesan otiriter menjadi demokratis dan lebih menghargai potensi dan kemampuan anak, serta mendorong untuk dilaksanakannya pembelajaran yang lebih banyak melibatkan peserta didik. Dengan menerapkan aliran progresivisme dalam pendidikan, harapannya dapat membahwa perubahan dan kemajuan pendidikan di Indonesia menjadi lebih berkualitas, sehingga mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: aliran progresivisme, pendidikan, peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 15 Jan 2021 01:42
Last Modified: 15 Jan 2021 01:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item