PERANCANGAN DAN ANALISIS CARBODY LOKOMOTIF DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

Herman Soesilo, Arief (2020) PERANCANGAN DAN ANALISIS CARBODY LOKOMOTIF DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
01. Halaman Depan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] Text
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)

Abstract

Lokomotif merupakan salah satu bagian kritis dalam rangkaian kereta api, karena menanggung beban yang besar dan memiliki waktu operasi yang cukup panjang. Sehingga dalam suatu perancangan lokomotif diperlukan analisis lebih mendalam jika dibandingkan dengan alat transportasi darat lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu rancangan carbody lokomotif yang sesuai dengan standar-standar perancangan yang berlaku dan menganalisis tegangan yang terjadi pada carbody lokomotif hasil rancangan. Dalam perancangan ini untuk menganalisis kekuatan konstruksi carbody lokomotif, analisis yang dilakukan menggunakan metode elemen hingga (MEH) dengan bantuan perangkat lunak Ansys. Simulasi beban yang bekerja pada struktur dibuat mendekati pembebanan yang sebenarnya. Struktur carbody lokomotif harus mampu menahan besarnya beban-beban yang bekerja pada konstruksi carbody. Dari hasil rancangan carbody lokomotif yang telah dibuat, carbody lokomotif ini berukuran panjang 19000 mm, lebar 2790 mm, dan tinggi 3700 mm. Material yang digunakan dalam perancangan carbody lokomotif adalah baja SS 400 dan SM 490A dengan tegangan Yield sebesar 245 MPa dan 325 MPa. Hasil analisis mendapatkan nilai tegangan Von Mises maksimum sebesar 180,072 MPa yang terjadi pada bagian ujung rangka dasar (end center sill), di mana nilai tegangan ini masih berada di bawah tegangan Yield materialnya yang berupa SM 490A sebesar 325 MPa. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa secara umum struktur carbody lokomotif dinyatakan aman dan mampu menyangga beban operasioanalnya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis tegangan, Metode elemen hingga, Carbody lokomotif
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Machine Engineering
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:55
Last Modified: 10 Feb 2021 04:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6010

Actions (login required)

View Item View Item