MODEL PJBL DENGAN LEMBAR KWL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Handayani, Astri May, SUHENDAR, UKI and MERONA, SENJA PUTRI (2021) MODEL PJBL DENGAN LEMBAR KWL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2). pp. 315-329. ISSN ISSN: 2549-6700 (print), ISSN: 2549-6719 (online)

[img] Text
15. astry ARTIKEL JURNAL HISTOGRAM.pdf

Download (511kB)
[img] Text
15. MODEL PJBL DENGAN LEMBAR KWL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. peer review model pjbl dengan kwl.pdf

Download (850kB)
Official URL: https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/histogram...

Abstract

Berpikir kreatif adalah kemampuan seseorang yang perlu dikembangkan di sekolah dan diharapkan guru dapat merealisasikan pembelajaran yang membuat kemampuan berpikir kreatif itu dapat berkembang. Kombinasi dari model PjBL dengan lembar kerja KWL dilakukan sebagai upaya agar kemampuan berpikir kreatif matematis semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model PjBL yang dikombinasikan dengan lembar kerja KWL dalam meningkatkan atau mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode berbentuk kajian literatur dengan cara mengumpulkan bahan tulisan dari artikel-artikel pada jurnal dan buku-buku yang membahas tentang model PjBL dan KWL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang dikenai model PjBL dengan lembar kerja KWL dengan peserta didik yang dikenai model pembelajaran langsung dan kemampuan berpikir kreatif matematis dapat ditingkatkan dengan kombinasi dari model PjBL dengan lembar kerja KWL. Dengan tahapan-tahapan dari model PjBL yang dikombinasikan dengan lembar kerja KWL ini, dapat menjadikan peserta didik lebih paham dengan materi yang diberikan melalui proses-proses penyelesaian masalah matematika dengan pembuatan proyek ataupun karya nyata sehingga meningkatkan kreativitas peserta didik. Penggunaan lembar kerja KWL dapat mengontrol kegiatan pembelajaran menjadi lebih efisien dan sistematis serta dapat mengatasi masalah penggunaan waktu pada model PjBL supaya lebih fokus dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PjBL, lembar kerja KWL, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:25
Last Modified: 25 Mar 2021 04:25
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6334

Actions (login required)

View Item View Item