PELAKSANAAN PENDIDIKAN DEMOKRASI SISWA SMA DI KABUPATEN PONOROGO

Asmaroini, Ambairo Puji and UTAMI, PRIHMA SINTA (2017) PELAKSANAAN PENDIDIKAN DEMOKRASI SISWA SMA DI KABUPATEN PONOROGO. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan,, 2 (2). pp. 79-84. ISSN 2541-6707

[img] Text
7 artikel ambiro pelaksanaan pendidikan demokrasi.pdf

Download (271kB)
[img] Text
peer review pelaksanaan pendidikan demokrasi.pdf

Download (397kB)
[img] Text
plagiasi Artikel 7 pelaksanaan pendidikan demokrasi siswa.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/ar...

Abstract

Kerangka pemikiran penelitian ini bahwa Indonesia merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi. SMA di Ponorogo merupakan satu lingkungan yang sangat kondusif dan memungkinkan siswa untuk menerapkan nilai-nilai demokrasi di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan berbagai macam kegiatan pelaksanaan demokrasi di lingkungan SMA di Kabupten Ponorogo. Prosedur yang dipakai dalam pengumpulan data, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Pendidikan demokrasi di lingkungan sekolah dilaksanakan dengan cara yang sama oleh setiap sekolah. Siswa sudah melaksanakan demokrasi. Semua itu dilaksanakan karena pembelajaran demokrasi berorientasi kepada siswa, semua untuk kesejahteraan siswa.SMA di Kabupaten Ponorogo memiliki cara yang sama dalam melaksanakan pendidikam demokrasi, antara lain guru mengarahkan untuk menerapkan praktek demokrasi antara lain: diskusi kelompok, berpendapat, musyawarah, pemilihan ketua kelas, pemilihan pengurus kelas, pemilihan ketua OSIS (SMA umum), pemilihan Ketua IPM (SMA Muhammadiyah), Pemilihan ketua OSDA (SMA Pondok Darut Taqwa), pemilihan Dewan Ambalan (DA), pemilihan ketua HW (SMA Muhammadiyah), voting, kerja bakti, bakti sosial, pemilihan ekstrakurikuler, dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Dan semua sekolah sudah demokratis dan berbasis siswa karena partisipasi siswa yang lebih diutamakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: demokrasi, siswa, sekolah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 31 Mar 2021 05:14
Last Modified: 31 Mar 2021 05:14
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6388

Actions (login required)

View Item View Item