FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MIN JANTI

Cahyono, Hadi (2019) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MIN JANTI. JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7 (1). pp. 1-4. ISSN ISSN 2303-3800 (Online) ISSN 2527-7049 (Print)

[img] Text
5. JURNAL Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti.pdf

Download (348kB)
[img] Text
5. Plagiasi Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. PR Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti ok.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/articl...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa sulit dalam belajar. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah pembelajaran seharusnya siswa bisa konsentasi dan menjalani pembelajaran dengan baik. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal siswa tidak boleh mengalami kesulitan belajar. Berawal dari hal tersebut perlu diketahui faktor-faktor kesulitan belajar siswa. Setelah diketahui faktor-faktor kesulitan tersebut maka akan dapat diambil rumusan penyelesainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Data kualitatif yaitu data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberikan gambaran tentang kesulitan belajar siswa, tingkat pemahaman terhadap suatu mata pelajaran (kognitif), proses pembelajaran berlangsung, pandangan atau sikap siswa (afektif), antusiasme, dan motivasi belajar. Kajian dipusatkan pada faktor-faktor kesulitan belajar siswa di kelas. Responden yang dipilih adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Janti Kecamatan Slahung. Metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengikuti pola azas penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa di MIN Janti Slahung mengalami kesulitan belajar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor kurangnya motivasi dari guru, kurangnya minat mengikuti pelajaran karena kurangnya penggunaan alat peraga. Sedangkan faktor eksternal yaitu guru masih bingung menjalankan kurikulum yang berjalan, kurangnya buku-buku bacaan pendukung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: learning difficulties; students of MIN Janti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:36
Last Modified: 06 May 2021 02:03
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6443

Actions (login required)

View Item View Item