DWI CAHYATI, SUHENI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN SETTING THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIIB SMPN 1 KECAMATAN KAUMAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
ARTIKEL_SUHENI DC_10321295_FKIP_MTK.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
Cover & Logo.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar, pendekatan kontekstual, think pair share (TPS). Dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas VIIB SMPN 1 Kecamatan Kauman ditemui permasalahan yang dihadapi oleh siswa antara lain siswa sulit menemukan langkah-langkah penyelesaian, memecahkan, dan menyelesaikan masalah matematika. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang diterapkan kurang mendorong aktivitas belajar dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan aktivitas belajar siswa melalui pendekatan kontekstual dengan setting Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan MC Taggart. Pelaksanaan pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMPN 1 Kecamatan Kauman tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 5-15 April 2014. Pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pertemuan kegiatan pembelajaran. Sedangkan data aktivitas belajar diperoleh dari observasi aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Data penelitian yang telah diperoleh, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual dengan setting Think Pair Share (TPS). Hal ini dilihat dengan adanya kenaikan persentase jumlah siswa kategori sangat baik (SB) dan baik (B) dalam tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Persentase pada siklus I mencapai 54,28%, kemudian meningkat menjadi 77,14% pada siklus II sehingga mencapai peningkatan sebesar 22,8%. Selain itu, pendekatan kontekstual dengan setting Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yang ditandai dengan adanya kenaikan persentase tiap aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 16 Dec 2014 04:13 |
Last Modified: | 16 Dec 2014 04:13 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/726 |
Actions (login required)
View Item |