PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 BALONG TAHUN AJARAN 2013/2014

PRAMUDITA AMALIA, KIKI (2014) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 BALONG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
halaman inti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Strategi Inkuiri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas VII B SMP Negeri 1 Balong lebih terpusat pada guru, sementara siswa cenderung pasif. Sebagian besar siswa memiliki pemahaman konsep matematika yang kurang, hal ini terlihat pada sebagian besar materi yang diajarkan dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Balong pada pokok bahasan segiempat melalui pembelajaran dengan menerapkan strategi inkuiri. Peningkatan pemahaman konsep matematika dapat diketahui dari proses pembelajaran dengan penerapan strategi inkuiri dan dari hasil tes kemampuan pamahaman konsep pada setiap siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di kelas VII B SMP Negeri 1 Balong. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan pemahaman konsep. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pembelajaran dan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan strategi inkuiri. Pembelajaran dengan strategi inkuiri terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1)merumuskan masalah, (2)merumuskan jawaban sementara (hipotesis), (3)mengumpulkan data, (4)menguji hipotesis, (5)menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi, kegiatan pembelajaran dengan strategi inkuiri terlaksana 65% pada siklus I dan 97.5% pada siklus II. Dengan penerapan strategi inkuiri persentase skor rata-rata setiap indikator kemampuan pemahaman konsep matematika juga mengalami peningkatan yaitu (1)menyatakan ulang sebuah konsep meningkat dari 67.5% menjadi 82.27%, (2)menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis meningkat dari 54.09% menjadi 69.09%, (3)menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu meningkat dari 67.95% menjadi 71.36%, (4)mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah meningkat dari 65% menjadi 70.90%. Dalam pembelajaran dengan strategi inkuiri di SMP N 1 Balong ini terjadi peningkatan pemahaman konsep karena siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Dec 2014 04:22
Last Modified: 16 Dec 2014 04:22
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item