PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN TAHUN AJARAN 2013/2014

PUTRI PERTIWI, AYU (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam pelaksanaan proses belajar dikelas, siswa kurang aktif bertanya ataupun mengemukakan pendapat, proses pembelajaran dikelas yang masih di dominasi dengan pembelajaran yang terfokus kepada guru, penggunaan metode yang tidak tepat, pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pengajaran dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai tujuan pengajaran diperlukan penggunaan metode pembelajaran yang optimal. Penggunaan metode pembelajaran yang optimal diharapkan dapat mengarahkan siswa menjadi lebih aktif dalam berdiskusi, tanya jawab dan kegiatan lainnya. Metode pembelajaran kooperatif tipe TSTS atau dua tinggal dua tamu merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa belajar memecahkan masalah bersama anggota kelompoknya siswa dituntut untuk memiliki tanggungjawab dan aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dan pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kauman Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan penelitian desain penelitian desain faktorial 2×2.Subjek penelitian ini adalah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Faktor METODEE: Nilai nilai signifikansi (0,006<0,05) maka H_0 ditolak jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang di ajar menggunakan metode Two Stay Two Stray lebih baik daripada siswa yang di ajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kauman.2). Faktor MOTIVASII: Nilai signifikansi (0,010<0,05) maka H_0 ditolak jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang mempunyai motivasi tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai motivasi rendah dalam belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kauman. 3). Faktor INTERAKSI/Faktor METODEE*MOTIVASII: Nilai signifikansi (0,763>0,05) maka H_0 diterima jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa tidak berpengaruh pada metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kauman. Kata Kunci: Motivasi Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray), Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 13 Jan 2015 02:52
Last Modified: 04 Feb 2015 02:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item