IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK SELAMA PANDEMI COVID-19 DIKELOMPOK B PAUD SABILA

Yusina Sesti, Noke, Yeni Rahmawati, Ida and Kristiana, Dian (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK SELAMA PANDEMI COVID-19 DIKELOMPOK B PAUD SABILA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
WhatsApp Image 2021-10-03 at 19.00.16.jpeg

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (431kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Noke Yusina Sesti 17340096 Implementasi Model Pembelajaran STEAM Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak Selama Pandemi COVID-19 Dikelompok B PAUD SABILA. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendiddikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1. Ida Yeni Rahmawati, M.Pd, Pembimbing 2. Dian Kristiana, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran STEAM Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak Selama Pandemi COVID-19 Dikelompok B PAUD SABILA.Jenis penelitian ini adalah penelitian adalah deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan dat menggunakan teknik observasi, wawancara terstruktur, serta dokumentasi.Adapun teknik analisis data menggunakan Miles & Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan, penggambaran, serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran STEAM untuk menumbuhkan minat belajar anak selama pandemi COVID-19 dikelompok B PAUD SABILA.yang telah diamati ternyata unsur Science, Technology, Engineering Art dan Mathematics dilakukan secara bersamaan atau satu kesatuan. Bahkan untuk langkah-langkah pembelajaran tidak dilakuan secara berurutan dan tidak dilaksanakan dalam proses pembelajaran yang direncanakan dikarenakan prosedur kurikulum model pembelajaran STEAM dalam menerapkan langkah-langkah pembelajaran sangatlah mudah menyesuaikan suasana dan kondisi yang dihadapi. Tetapi apabila melihat minat belajar siswa dimasa pandemi meningkat dengan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan perasaan yang senang dan antusias. Walaupun langkah-langkah pembelajaran tidak dilakukan secara berurutan.Minat belajar siswa dapat meningkat dikarenakan model pembelajaran STEAM sering menggunakan aktifitas sehari-hari dan untuk alat / bahannya ada dilingkungan sekitar. Faktor pendukung dari keberhasilan model pembelajaran STEAM adalah sarana prasarana yang memadai dan kerjasama yang baik antara sekolah, guru dan wali murid. Faktor penghambatnya adalah administrasi sekolah yang belum samadengan kegiatan yang dilakukan. Kata kunci :Model pembelajaran STEAM, Minat belajar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran STEAM, Minat belajar anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 04 Oct 2021 05:30
Last Modified: 12 Nov 2021 04:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8209

Actions (login required)

View Item View Item