TRI ANJANI, NININ (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 PULUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
sampul.pdf Download (764kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan dan pembelajaran adalah suatu proses yang sadar tujuan. Tujuan dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk memberikan rumusan hasil yang diharapkan siswa setelah melaksanakan pengalaman belajar. Di kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Pulung masih terlihat siswa masih kurang melakukan usaha-usaha dalam pembelajaran matematika yang mempengaruhi prestasi belajar siswa menjadi menurun. Hal tersebut diduga disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga peran siswa dalam pembelajaran matematika belum bisa maksimal. Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran kooperatif Pair Checks untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Pulung. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Pair Checks yang bertempat di kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Pulung. Hal yang diteliti dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa yang meliputi 3 ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam ranah kognitif data diperoleh dari nilai tiap akhir siklus sedangkan pada ranah afektif dan psikomotorik diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini jika siswa yang tuntas ≥70%. Hasil penelitian pada siklus I siswa yang mengalami peningkatan prestasi belajar terdapat 11 siswa sedangkan yang masih rendah terdapat 7 siswa sehingga persentase ketutansan klasikal pada siklus I menunjukkan 61%. Peningkatan terjadi pada siklus II dengan jumlah siswa yang tuntas terdapat 15 siswa sedangkan yang tidak tuntas terdapat 3 siswa sehingga persentase klasikal mendapatkan sebesar 83%. Peningkatan prestasi belajar matematika dari siklus I ke siklus II sebesar 22%. Dengan persentase klasikal yang mencapai 83% maka indikator keberhasilan telah tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 14 Jan 2015 02:49 |
Last Modified: | 14 Jan 2015 02:49 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/822 |
Actions (login required)
View Item |