PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN HOLISTIK PESERTA DIDIK (Studi Multikasus di Sekolah Dasar Negeri 2 Plalangan dan Sekolah Dasar Negeri 2 Kemiri Jenangan Ponorogo)

Nuhansyah F.L, Ulin (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN HOLISTIK PESERTA DIDIK (Studi Multikasus di Sekolah Dasar Negeri 2 Plalangan dan Sekolah Dasar Negeri 2 Kemiri Jenangan Ponorogo). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT KEPUTUSAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (56kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ulin Nuhansyah F.L., 2021. PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN HOLISTIK PESERTA DIDIK (Studi Multikasus di SDN 2 Plalangan dan Sekolah Dasar Negeri 2 Kemiri Jenangan Ponorogo). Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pedmbimbing (1) Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I. (2) Dr. Nuraini, M.Pd.I. Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan pengamatan di SDN 2 plalangan dan 2 kemiri jenangan ponorogo yang terdapat pembiasaan kegiatan keagamaan berupa sholat dhuha berjamaah dan tilawatil qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan kepribadian holistic peserta didik di SDN 2 Plalangan dan SDN 2 Kemiri. (2) strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan kepribadian holistic peserta didik di SDN 2 Plalangan dan SDN 2 Kemiri .(3) hasil pembentukan kepribadian holistik oleh guru pendidikan agama Islam pada peserta didik di SDN 2 Plalangan dan SDN 2 Kemiri. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (dilakukan dengan cara melakukan pengamatan langsung mengenai kepribadian siswa), wawancara (menggali keterangan yang diperlukan dari responden dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan), dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, display data, mengambil kesimpulan, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini diantaranya (1) Peran GPAI dalam membentuk peserta didik yang berkepribadian muslim yaitu mampu menjadikan siswa menjadi lebih sopan, lebih menghargai guru dan sesama teman, lebih disiplin, mampu membedakan antara perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk. (2) Strategi GPAI dalam membentuk kepribadian muslim siswa di SDN 2 Plalangan dan SDN 2 Kemiri dengan melakukan shalat dhuha berjama’ah dan tilawatil qur’an. Supaya kegiatan keagamaan tersebut berjalan dengan lancar, maka sangat diperlukan beberapa strategi diantaranya dukungan dari orang tua, antusias siswa dalam mengkuti kegiatan-kegiatan tersebut, sarana dan prasarana, dan dukungan dari pendidik. (3) Hasil dari pembentukan kepribadian holistic siswa oleh GPAI di SDN 2 Plalangan dan SDN 2 Kemiri adalah siwa menjadi lebih disiplin baik dalam sholat maupun proses belajar mengajar di kelas. Sehingga prestasi yang dicapai oleh siswa pun juga ikut meningkat.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:11
Last Modified: 16 Nov 2021 03:35
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8362

Actions (login required)

View Item View Item