PENGARUH PENDEKATAN PMRI DENGAN MODALITAS VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NUR LAILY, KHAMARIYAH (2015) PENGARUH PENDEKATAN PMRI DENGAN MODALITAS VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan PMRI dengan modalitas visual, auditori, dan kinestetik lebih baik daripada siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran konvensional. 2) Apakah pendekatan PMRI dengan modalitas visual, auditori, dan kinestetik mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Randomized control group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Sampung tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa sebanyak 45 anak. Pokok bahasan yang diambil adalah bangun ruang prisma dan limas. Sampel yang diambil adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrument tes pemahaman konsep matematika. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Levene. Selanjutnya untuk pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji independent sampel t test dengan tingkat signifikansi 5%, yang dalam perhitungannya menggunakan SPSS 15.0 for Windows. Pada hipotesis pertama data yang diuji adalah nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sedangkan utuk hipotesis kedua yang diuji adalah skor gain ternormalisasi kedua kelompok tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dalam pembelajaranya menggunakan pendekatan PMRI dengan modalitas visual, auditori, dan kinestetik lebih baik daripada siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran konvensional. 2) Pendekatan PMRI dengan modalitas visual, auditori, dan kinestetik efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Sehingga dapat disimpulkan, terdapat pengaruh Pendekatan PMRI dengan modalitas visual, auditori, dan kinestetik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 21 Jan 2015 02:55
Last Modified: 21 Jan 2015 02:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item