ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR BERDASARKAN KRITERIA NEWMAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA



Amaliya, Zulva (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR BERDASARKAN KRITERIA NEWMAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Pernyataan Unggah Karya.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang
mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal cerita materi program linear.
Peranan guru sangat penting dalam menentukan metode yang sesuai dalam sebuah
pembelajaran. Selain dari pembelajaran guru, juga dipengaruhi oleh karakteristik
siswa yang disebut dengan gaya kognitif. Gaya kognitif terdiri dari dua macam
yaitu gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Sehingga penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan seberapa besar kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita matematika program linear berdasarkan kriteria Newman
ditinjau dari gaya kognitif siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah
32 siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Badegan tahun ajaran 2021/2022, yang kemudian
diambil 6 sebagai subjek wawancara untuk tindakan penelitian lebih lanjut. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes dan wawancara. Instrumen
tes terdiri dari dua yaitu, Tes GEFT (Group Embbeded Figure Test) untuk mengukur gaya
kognitif siswa Field Dependent (FD) atau Field Independent (FI) dan tes soal cerita
program linear sebanyak 3 butir soal untuk mengukur sejauh mana kesalahan yang
dilakukan siswa. Sedangkan wawancara untuk memperoleh informasi yang lebih
mendalam secara langsung dari subjek serta konfirmasi jawaban . Teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal
cerita program linear berdasarkan kriteria Newman ditinjau dari gaya kognitif siswa yaitu
siswa dengan gaya kognitif field dependent cenderung melakukan kesalahan pada tahap
transformasi masalah dan tahap keterampilan proses. Sedangkan siswa dengan gaya
kognitif field independent cenderung melakukan kesalahan pada tahap ketrampilan proses
dan tahap penulisan jawaban. Jenis kesalahan memahami pada siswa gaya kognitif field
dependent dan field independent sebesar 0%, dengan kata lain pada jenis kesalahan ini tidak
ada siswa yang mengalaminya. Sedangkan kesalahan terbesar pada gaya kognitif field
dependent dan field independent adalah kesalahan pada keterampilan proses yaitu siswa
melakukan kesalahan berupa kesalahan saat menggambar grafik, menentukan daerah
himpunan penyelesaian, menentukan titik pojok, dan saat menghitung nilai pada fungsi
tujuan untuk menemukan nilai optimumnya.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Kriteria Newman, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Kriteria Newman, Gaya Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:14
Last Modified: 19 Sep 2022 02:14
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10280

Actions (login required)

View Item View Item