IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CERDAS BERBAHASA INDONESIA FONIK (CBI FONIK) DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DI TK PELANGI ALAM PONOROGO



Alfian, Novenda IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CERDAS BERBAHASA INDONESIA FONIK (CBI FONIK) DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DI TK PELANGI ALAM PONOROGO. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CERDAS BERBAHASA INDONESIA FONIK (CBI FONIK) DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DI TK PELANGI ALAM PONOROGO.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ARTIKEL ASLI] Text (ARTIKEL ASLI)
ARTIKEL ASLI.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of LOA] Text (LOA)
LOA.pdf

Download (796kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Implementasi Model
Pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI FONIK) Dalam
Menstimulus Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Di TK Pelangi Alam
Ponorogo. Pada penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif.
Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik untuk pengumpulan
data. Observasi digunakan untuk melihat penerapan kemampuan menyimak
menggunakan model pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI
FONIK). Wawancara ditujukan kepada kepala sekolah, guru dan siswa di
kelompok A. Kartu prestasi anak berfungsi sebagai dokumentasi. Analisis data
pada penelitian ini menggunakan model miles dan huberman (sugiyono, 2015)
Dilakukan dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI FONIK) ini menggunakan
level pra fonik dengan teknik poster cerita tunggal dan teknik dengan lagu.
Penerapannya tidak hanya dilakukan di ruang kelas tetapi kebanyakan dilakukan
di lingkungan sekolah (Alam). Sebagian besar anak sudah bisa menyimak dengan
baik dan bisa menyebutkan kata apa saja yang didengarnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahasa, kemampuan menyimak, CBI Fonik, anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:45
Last Modified: 19 Sep 2022 02:45
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item