Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar



Saputro, Anip Dwi (2017) Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar. HOLISTIK, 2 (1). pp. 69-80. ISSN e.ISSN: 2527 – 9556 | p.ISSN: 2527 – 7588

[thumbnail of 11. 1 ARTIKEL-Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar.pdf] Text
11. 1 ARTIKEL-Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 11.2 TURNITIN-Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar.pdf] Text
11.2 TURNITIN-Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ho...

Abstract

Komik sebagai media pembelajaran Sains (Tematik) dalam penyajiannya mengandung
unsur visual dan cerita yang menarik dan kuat. Ekspresi yang divisualisasikan membuat
pembaca (peserta didik) terlibat secara emosional sehingga membuat pembaca atau peserta
didik untuk terus membacanya hingga selesai. Hal inilah yang juga menginspirasi dalam
penggunaan media pembelajaran komik yang isinya materi-materi pelajaran sains
(tematik).
Peranan utama dari komik sains dalam pembelajaran adalah kemampuannya dalam
menciptakan minat peserta didik. Penggunaan komik sains dalam pembelajaran di
pendidikan dasar sebaiknya dipadu dengan metode mengajar yang aktif, sehingga komik
sains akan menjadi alat pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik.
Komik sains bisa menjadi salah satu solusi bagi guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtida’iyah
dalam menjaga profesionalisme dalam menerapkan pembelajaran pada peserta didiknya.
Media komik sains akan membantu peserta didik agar tidak bosan di kelas dalam
menghadapi guru kelas yang jarang sekali berganti. Sehingga guru harus benar-benar
pandai dalam mengelola kelas dengan mempersiapkan strategi, model dan media
pembelajaran yang akan digunakan di kelas.
Berdasarkan tabel di atas menunjukkan bahwa p value (Sig.) ˂ 0,05. Dari data tersebut
dapat diketahui bahwa hipotesis ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat
hubungan antara media pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Sehingga Media
Pembelajaran Komik Sains mmpu meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik Sains, Prestasi Belajar, Pendidikan Dasar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 02 Feb 2023 08:05
Last Modified: 02 Feb 2023 08:05
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item View Item