Analisa Variasi Diameter Kawat dan Jumlah Lilitan Groundstrap Terhadap Kuat medan Magnet Pada Kabel Koil dan Performa Mesin Motor Vega ZR
Khanif, Muhammad (2023) Analisa Variasi Diameter Kawat dan Jumlah Lilitan Groundstrap Terhadap Kuat medan Magnet Pada Kabel Koil dan Performa Mesin Motor Vega ZR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIYAH)
surat persetujuan unggah karya.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (932kB) |
![]() |
Text (NASKAH SKRIPSI FULL)
Skripsi Muhammad Khanif 18511280.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Sepeda motor selain sebagai alat transportasi, sepeda motor juga digunakan
untuk kepentingan performa. Untuk menghasilkan sepeda motor dengan performa
yang tinggi banyak cara yang dapat ditempuh, salah satunya yang paling penting
adalah dengan melakukan modifikasi atau menambahkan part. Dengan adanya
teknologo - teknologi baru tersebut akan semakin mempermudah mekanis sendiri
yang terus berkembang. Mengenai pengaruh pemasangan groundstrap dan kabel
busi standar terhadap kuat medan magnet dan performa mesin motor vega zr,
pengujian ini dilakukan menggunakan alat gaussmeter, dynotest, dan gas analyzer.
Pengaruh kabel busi standar dan kabel busi dengan groundstrap diameter kawat 0.8
mm, 1 mm, 1,2 mm. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai gauss terendah pada
kabel busi dengan groundstrap 1,2 mm 260 lilitan yaitu 4,48 gauss debandingkan
dengan kabel busi standar tanpa groundstrap 20,99 gauss. Torsi maksimum
ditunjukan pada kabel busi 1,2 mm 260 lilitan 8,63 Nm, daya maksimum pada kabel
busi 1,2 mm 260 lilitan 7,26 HP. Emisi gas buang terbaik pada kabel busi dengan
groundstrap 1,2 mm 260 lilitan yaitu CO 7,98%, CO2 5,53 %, dan O2 3,94 %. Dari
penelitian dapat disimpulkan bahwa kabel busi dengan groundstrap 1,2 mm 260
lilitan adalah kabel busi terbaik untuk performa motor vega zr.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: groundstrap, kabel busi, Perfroma Mesin, Emisi Gas Buang |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Machine Engineering |
Depositing User: | ft . userft |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 05:38 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 05:38 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |