POLA BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP BELAJAR ANAK DESA KASIHAN KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN
SUPRIANTO, SUPRIANTO (2015) POLA BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP BELAJAR ANAK DESA KASIHAN KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
lampiran depan .pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I SUPRIYONO 2015.pdf Download (69kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II SUPRIYONO 2015.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
![]() |
Text
BAB IV SUPRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
Preview |
Text
LAMPIRAN BELAKANG.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan belajar
anak. Orang tua selalu memperhatikan pristasi anaknya di sekolah. Meskipun orang
tua tidak membantu langsung dalam bidang studi, tetapi orang tua minimal
memberikan bimbingan yang baik dalam bentuk motivasi, mengatur waktu belajar,
menyediakan fasilitas belajar serta bantuan-bantuan lainnya dalam belajar anak.
Berpijak dengan latar belakang di atas maka permasalahan yang timbul
adalah: 1) Bagaimana pola bimbingan orang tua terhadap belajar anak desa Kasihan
Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan? 2) Hal-hal apa saja yang sebaiknya
dilakukan orang tua dalam membimbing belajar anak Desa Kasihan Kecamatan
Tegalomo Kabupaten Pacitan? 3) Faktor apa saja yang mempengaruhi bimbingan
orang tua terhadap belajar anak Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten
Pacitan?
Dalam rangka mengetahui permasalahan yang jelas penulis menggunakan
metode observasi, interview, dokumentasi. Sedangkan dalam pengelolaan data
penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari hasil peneliti ini, pola yang dilakukan orang tua
terhadap aktifitas belajar anak adalah orang tua selalu bertanya tentang ajaran di
sekolah, mengawasi kegiatan belajar anak di rumah dan membantu kesulitan anak
dalam belajar, karena orang tua sebagai bahan pertimbangan anak atas kesulitan
dalam memahami bahasa guru. Perlakuan orang tua dalam membimbing anaknya
adalah memotivasi dan mengawasi kegiatan belajar anak, mengatur waktu belajar,
dan menyediakan fasilitas belajar, agar anak lebih percaya diri atas beljarnya,
disiplin atas waktu belajar dan fokus belajar tanpa memikirkan peralatan sekolahnya
habis. Faktor yang mempengaruhi bimbingan orang tua terhadap belajar anak yaitu
dengan cara sabar dan bijaksana agar anak lebih percaya diri, berani bertanya dan
merasa tidak tertekan.
Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Belajar, Disiplin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 24 Nov 2015 04:05 |
Last Modified: | 24 Nov 2015 04:05 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |