PERAN MUSYRIF DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERBAHASA ARAB KELASA SATU KULLIYYATUL MUALLIMIN AL-ISLAMIYAH SLAHUNG PONOROGO
Tamimi, Muhammad Lalu (2023) PERAN MUSYRIF DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERBAHASA ARAB KELASA SATU KULLIYYATUL MUALLIMIN AL-ISLAMIYAH SLAHUNG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (630kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pedidikan merupakan sebuah sistem yang bertujuan agar peserta didik
mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan senyaman mungkin yang
akan menghasilkan perubahan dalam diri siswa. Bahasa Arab sering kali menemui
hambatan bahwa pembelajaran bahasa arab terlalu sulit dipahami bagi siswa kelas
satu. Dalam hal ini Guru bahasa arab memiliki peran sebagai motivator atau
pendukung dalam menumbuhkan minat berbahasa arab kelas satu. Peneliti ini
bertujuan untuk mengetahui peran peran guru dalam menumbuhkan minat
berbahasa kelas satu KMI Pondok Modern Arrisalah Slahung Ponorogo.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) untuk memaparkan peran guru dalam
menumbuhkan minat berbhasa arab kelas satu 2) Menumbuhkan minat berbahasa
arab kelas satu 3) untuk mengetahui pentingnya belajar bahasa arab agar mudah
memahami makna ayang suci Al-Qu’an Hadist 4) untuk menganalisa faktor-faktor
yang menjadi pendukung dan penghambat Bagaimana proses belajar bahasa arab
kelas satu
Metode dalam penelitian ini yaitu Pengumpulan data dilakukan dengan
metode wawancara yang dilakukan kepada 3 narasumber, observasi, dan
dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model Miles and
Hubberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat berbahasa arab kelas satu KMI
Pondok Modern Arrisalah memiliki daya tarik yang kuat karena adanya dukungan
dari guru pembimbing bahasa arab sehingga siswa merasa terdukung dalam setiap
pembelajaran bahasa arab dengan adanya metode guru pembimbing bahasa yang
unik dan seru dalam proses belajar bahasa arab, seperti penyampaian kosa kata yang
seru dan banyaknyaknya mata lomba yang di adakan sehingga adanya minat siswa
untuk bisa berbahasa arab. Faktor pendukung seperti guru yang selalu mengawasi
siswa dalam setiap belajar, dan berbas untuk bertanya meskipun ketemu dijalan,
adanya kosa kata yang terpasang disetiap sudut tempat yang sering dikunjungi dan
adanya berbagai mata lomba berbahasa arab. Faktor penghambat adalah diri siswa
yang jauh dari keluarga dan menganggap bahasa arab itu bahasa arab yang sulit
dipahami dari bahasa, huruf atau kalimat bahasa arab dan lingkungan siswa yang
berasa dari satu daerah sehingga siswa nggan menggunakan bahasa arab karena
lebih suka menggunakan bahasa daerah sendiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Minat berbahasa arab, Aktualisasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 07:59 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 07:59 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |