KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF



NURVIANA, LUVITA (2015) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAM DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAM DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Nurviana, Luvita. 2015. 11321447. “Kemampuan Komunikasi matemati siswa dalam menyelesaikan
masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif”. Program study Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Erika Eka Santi, M. Si.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang menerapkan metode menghafal rumus
untuk belajar matematika, padahal tujuan pembelajaran matematika yaitu siswa mampu mengkomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram dan media lainnya untuk memperjelas keadaan atau masalah.
Pemecahan masalah merupakan metode yang tepat untuk mempelajari dan mengerjakan matematika.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dalam
menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field independen dan field dependen.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IX-A MTs Negeri Lembeyan yang terdiri dari tiga siswa yang mempunyai gaya kognitif field
independen dan tiga siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependen. Penentuan subjek dilakukan
dengan dengan menggunakan tes GEFT. Kemudian subjek tersebut diberikan tes komunikasi matematis dan
wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil GEFT (group embedden figure test) di kelas IX-A
menunjukkan dari 21 siswa terdapat 7 siswa yang mempunyai gaya kognitif field independen dan 14 siswa
yang mempunyai gaya kognitif field dependen. Sedangkan hasil dari tes komunikasi matematis siswa
menunjukkan bahwa subjek FI maupun FD mampu memahami gagasan matematis yang disajikan dalam
tulisan maupun lisan baik berupa gambar, maupun strategi untuk menyelesaikan masalah, namun pada
indikator menggunakan pendekatan bahasa matematika subjek FI lebih mampu dibandingkan subjek FD,
pada indikator ketiga subjek FI lebih mampu menggunakan rumus dari pada subjek FD, Subjek FI lebih
mampu dalam mengubah dan menafsirkan informasi matematis dalam representasi matematis yang berbeda
dari pada subjek FD.
Kata kunci: Komunikasi Matematis, Pemecah

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 29 Oct 2015 02:45
Last Modified: 18 Aug 2020 01:44
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item