ANALISIS SOAL UJI KOMPETENSI POKOK BAHASAN ALJABAR DALAM BUKU MATEMATIKA KELAS X KURIKULUM 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM



SEPIANA ROHMAH, INKA (2015) ANALISIS SOAL UJI KOMPETENSI POKOK BAHASAN ALJABAR DALAM BUKU MATEMATIKA KELAS X KURIKULUM 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Uji Kompetensi, Taksonomi Bloom
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan Buku Teks Matematika Kelas
X Kurikulum 2013 sehingga perlu adanya analisis uji kompetensi untuk mengetahui distribusi soal
secara tepat. Tujuan diadakan penelitian ini adalah (1) mengetahui soal uji kompetensi dalam Buku
Matematika Kelas X Kurikulum 2013 berdasarkan Taksonomi Bloom dan (2) Mengetahui
persentasesoal uji kompetensi pada Buku Matematika Kelas X Kurikulum 2013 berdasarkan
Taksonomi Bloom dengan harapan dapat membantu guru dalam menyeleksi soal-soal dan sebagai
pertimbangan untuk memberikan soal sesuai dengan tingkat kognitif siswa, dan dapat dijadikan
pedoman untuk penyempurnaan buku teks matematika selanjutnya.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber penelitian
ini adalah soal-soal Uji Kompetensi dalam Buku Matematika kelas X kurikulum 2013, yang
diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Data soal yang telah
terkumpul kemudian dicari solusinya, mengkategorikan soal tersebut berdasarkan taksonomi
Bloom, menghitung jumlah soal untuk masing-masing dimensi, melakukan prosentase, terakir
menarik kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa soal uji kompetensi pada Buku
Matematika Kelas X kurikulum 2013 terbitan Kemdikbud pada tahun 2014 (Edisi Revisi) bab 2, 3
dan 7 mencakup 13 variasi soal dari 24 variasi soal menurut tingkat kognitif Revisi Taksonomi
Bloom terdapat C1-Faktual sebanyak 5,61%, C1-Konseptual 0,94%, C1-Prosedural 1,87%, C1-
Metakognitif 0%, pada tahap selanjutnya diperoleh C2-Faktual sebanyak 5,61%, C2-Konseptual
9,35%, C2-Prosedural 28,04%, C2-Metakognitif 0% kemudian untuk C3-Faktual sebanyak 0%,
C3-Konseptual 2,80%, C3-Prosedural 33,65%, C3-Metakognitif 0% sedangkan untuk C4-Faktual
sebanyak 0%, C4-Konseptual 0.94%, C4-Prosedural 1,87%, C4-Metakognitif 0% selanjutnya C5-
Faktual sebanyak 0.94%, C5-Konseptual 0%, C5-Prosedural 7,48%, C5-Metakognitif 0% yang
terakir untuk C6-Faktual sebanyak 0%, C6-Konseptual 0%, C6-Prosedural 0,94%, C6-Metakognitif
0%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 29 Oct 2015 02:52
Last Modified: 29 Oct 2015 02:52
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item