PROSES BERPIKIR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK BERDASARKAN TEORI VAN HIELE



AYUNINGTYAS, YUSNIA (2015) PROSES BERPIKIR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK BERDASARKAN TEORI VAN HIELE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAM DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAM DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Proses Berpikir, Teori van Hiele.
Proses melahirkan ide untuk menyelesaikan persoalaan dengan cara berpikir disebut dengan proses
berpikir. Proses berpikir erat kaitannya dengan matematika, karena dalam menyelesaikan persoalan
memerlukan suatu penyatuan ide. Salah satu cabang matematika yang diajarkan mulai pendidikan dasar
hingga perguruan tinggi adalah geometri. Dalam geometri, terdapat materi kubus dan balok yang dipelajari
siswa tingkat SMP. Materi ini dapat mengembangkan proses berpikir siswa, karena pada proses
pembelajarannya, siswa akan melalui tingkatan-tingkatan berpikir yang berurutan. Suatu teori dalam
geometri yang dapat mengembangkan proses berpikir siswa adalah teori van Hiele. Ada lima tahap
perkembangan berpikir pada teori van Hiele, yaitu tahap 0 (Pengenalan), tahap 1 (Analisis), tahap 2
(Pengurutan), tahap 3 (Deduksi), dan tahap 4 (Aksiomatis). Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses berpikir siswa pada materi kubus dan balok berdasarkan teori van Hiele.
Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengambil data siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2
Ponorogo. Teknik pengumpulan datanya berupa tes dan wawancara mendalam. Peneliti memberikan soal tes
kepada setiap siswa. Kemudian hasil pekerjaan dari masing-masing siswa dikelompokkan berdasarkan
karakteristik yang terjadi. Peneliti mengambil dua siswa sebagai subjek penelitian dari masing-masing
kelompok untuk dilakukan wawancara mendalam.
Dari hasil tes dan wawancara mendalam diperoleh empat karakter proses berpikir siswa. Karakter
pertama, tahap pengenalan terpenuhi. Proses berpikir karakter ini mengenal objek dari mengetahui unsurunsur
dan sifat-sifatnya. Karakter kedua, tahap pengenalan terpenuhi dan tahap analisis masih sebagian yang
terpenuhi. Proses berpikir karakter kedua, mengenal objek dari mengetahui unsur-unsur dan sifat-sifatnya,
kemudian menghitung volume ruangan dan volume kotak amal yang masih mengacu pada rumus. Karakter
ketiga, tahap pengenalan terpenuhi, sedangkan tahap analisis, tahap pengurutan, dan tahap deduksi masih
sebagian yang terpenuhi. Proses berpikir karakter ini mengenal objek dari mengetahui unsur-unsur dan sifatsifatnya,
kemudian menghitung volume ruangan dan volume kotak amal ada yang masih mengacu pada
rumus tetapi ada juga yang sudah menghubungkan dengan kubus satuan. Selanjutnya, menghitung kebutuhan
papan kotak amal jenis I dan II dengan menghubungkan pengetahuan sebelumnya mengenai luas jaringjaring
kubus. Karakter keempat, semua tahap pada teori van Hiele sudah terpenuhi. Proses berpikir karakter
ini mengenal objek dari mengetahui unsur-unsur dan sifat-sifatnya, kemudian menghitung volume ruangan
dan volume kotak amal yang sudah menghubungkan dengan luas alas yang dikalikan tinggi. Selanjutnya,
menghitung kebutuhan papan kotak amal jenis I dan II dengan menghubungkan pengetahuan sebelumnya
mengenai luas jaring-jaring kubus. Kemudian menemukan aksioma kubus dari kebutuhan papan seluruh
kotak amal dan dari volume kotak amal, serta menemukan aksioma balok dari volume ruangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 29 Oct 2015 03:07
Last Modified: 29 Oct 2015 03:07
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item